Penerapan Model Customer Relationship Management Sistem Pemesanan Jasa Fotografi Foosyshoot Studio

Main Article Content

Kurniaty - - Nurlina - -

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya persaingan  yang semakin ketat.  Salah satu  cara  untuk menjaga  kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Karena mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru. Persaingan bisnis yang sangat ketat akan sangat memerlukan langkah-langkah strategis untuk menghadapinya. Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa seperti Foodyshoot yang bergerak dalam bidang fotografi yang sedang menghadapi persaingan ketat. Sangat penting untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat. Kehadiran Customer Relationship Management (CRM) akan mampu untuk mengatasi masalah di atas karena tujuan CRM adalah untuk mendapatkan inti dari konsep pelanggan yang tidak jelas dan meletakkannya dalam kerangka aplikasi. Salah satu langkah yang juga dapat ditempuh untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan teknologi dan konsep pemasaran yang ada yaitu dengan pemanfaatan CRM (Customer Relationship Managemet) berbasis web. Untuk dapat memanfaatkan hal CRM tersebut perlu dibangun terlebih dahulu secara pertahap. Abstrak ini membatasi pembangunan sampai perancangan web, penggunaan basis data dan mengaplikasikan teori yang ada ke dalam praktek sehingga bermanfaat bagi dunia bisnis/industri. Kondisi perusahaan dalam bidang jasa (fotografi) saat ini akan di eksplorasi dan akan dilakukan observasi terhadap kebutuhan akan layanan yang dapat diberikan kepada para pelanggan. Dalam prosesnya, CRM menunjukkan bagaimana pemasaran bekerja dan sistem yang dijalankan harus mampu mendukung lingkungan e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Abdul Kadir. “Pengenalan Sistem Informasi edisi revisi”.Yogyakarta: Penerbit Andi. 2014.
[2] CRM - Wikipedia (http://en.wikipedia.org/) diakses tanggal 20 Desember 2016.
[3] Adi Nugroho. “Mengembangkan Aplikasi Basis Data Menggunakan C#”. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2010.
[4] Jannes Simarmata. “Rekayasa Perangkat Lunak”. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2010.
[5] Kalakota, R dan Robinson, M. “E – Business 2.0 Roadmap For Success”. USA: Addison – Wesley. 2001.
[6] Probowo Pudjo Widodo. Herlawati. “Menggunakan UML, unified modeling language”. Bandung: Penerbit Informatika. 2011.
[7] Tunggal. Amin W. “Konsep Dasar Customer Relationshio Management”. Jakarta: Haravindo. 2000.