Sistem Penunjang Keputusan Pemberian Bantuan Pemerintah Pada Masyarakat Pra Sejahtera Dengan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) Pada Kota Makassar

Main Article Content

Abdul - Ibrahim Indra - Samsie

Abstract

Kota Makassar, Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah penerima bantuan pemerintah terhadap masyarakat pra sejahtera.  Diantaranya berupa  bantuan beras untuk keluarga miskin (Raskin), bantuan langsung tunai (BLT) dan Bantuan Langsung  Sementara Masyarakat (BLSM). Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat pra sejahtera. Melalui program pemberian bantuan diharapkan berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan pada keluarga pra sejahtera dan secara tidak langsung berdampak terhadap peningkatan kesehatan, pendidikan dan produktivitas keluarga pra sejahtera. Sampai saat ini belum tersedia suatu Sistem Informasi yang memudahkan pemerintah dalam menenentukan calon penerima bantuan, sehingga sering tidak tepat sasaran. Dalam kerangka  pemikiran  ini  penulis  menggunakan pendekatan sistem pendukung keputusan dengan metode Analytical Hierarcy Process (AHP). sistem  ini dapat mendukung pengambilan keputusan calon penerima bantuan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. SPK dirancang untuk mendukung seluruh tahap pengambilan keputusan mulai dari mengidentifikasi masalah, memilih data yang relevan, dan menentukan pendekatan yang digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sampai mengevaluasi pemilihan alternatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Dadan Umar Daihani, “Komputerisasi Pengambilan Keputusan”, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2001
[2] Djamila Podungge “Penerapan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) Untuk Menentukan Pemilihan Pengawas Sekolah”, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo,2012.
[3] Kadri, Abdul,““Penuntun Praktis Belajar SQL”, Yogyakarta : Andi, 2002.
[4] Kusrini, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta, Andi Offset,2007.
[5] RIZKI, Soetam, “Panduan Belajar SQL Server”, Prestasi Pustaka Jakarta,2004.
[6] RIZKI, Soetam, “ Membuat Aplikasi Reporting Service SQL Server 2005 ”, PT Elex Media Komputindo.,2007.