Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Harga Kartu Paket Internet Dengan Metode Promethee

Main Article Content

Muhardi - Thabrani R - Faizal -

Abstract

Penentuan harga kartu kuota sangat penting untuk diperhatikan, mengingat banyaknya penggunaan smartphone saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk Membuat perangkat lunak sistem pendukung keputusan yang akan menghasilkan prediksi harga kartu paket internet yang ideal dan mempunyai daya saing dengan metode promethee untuk menghitung bobot setiap kriteria dalam penentuan harga kartu paket internet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu serangkaian kegiatan untuk mengungkapkan proses penentuan harga kartu paket internet sebagai dasar dalam perancangan sistem dengan menerapkan tahap-tahap yang ada dalam SDLC sampai tahap kelima. Harga produk atau jasa merupakan komponen penting dalam penentuan daya saing suatu perusahaan. Sehingga harga produk atau jasa tidak boleh ditentukan dengan asal-asalan karena konsumen biasanya akan cenderung memilih harga yang lebih murah dan kulaitasnya tinggi. Banyaknya persaingan perusahaan/kounter handphone penjualan kartu paket internet membuat kounter AM Cell berusaha mencari jalan terbaik dalam menetapkan biaya harga kartu untuk dipasarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode promethee dalam penentuan harga sangat tepat karena membandingkan beberapa kriteria yang dipakai sebagai acuan untuk memilih alternatif terbaik. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black box testing dan dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Indriyo Gitosudarmo. (2014). Manajemen Pemasaran. IKAPI. Yogyakarta.
[2] Sofhian, Dkk. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Terbaik Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus: Teknik Informatika Universitas Tanjungpura). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol.1, No.1 2016.
[3] Muhammad Wafi, Dkk. (2017). Implementasi Metode Promethee II Untuk Menentukan Pemenang Tender Proyek (Studi Kasus: Dinas Pehubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol.1, No.11, November 2017, e-ISSN: 2548-946X.Moleong L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
[4] Jumiran. (2013). Model Pengambilan Keputusan Penentuan Harga Produk Furniture (Studi Kasus: PT. Trifoli Kayakarya). Jurnal IPSIKOM Vol.2 No.1 Juni 2013 ISSN: 2338-4093.
[5] Moleong L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
[6] Pressman R. S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarat: Andi Offset.
[7] Yusuf, Dkk. (2011). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Dengan Metode Promethee Berbasis Web Skripsi Sarjana Sistem Informasi. Universitas Sumatera Utara. Medan.
[8] Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi, Yogyakarta.
[9] Davis & Hartono. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.
[10] Suryadi dan Ramdhani. (2002). Aplikasi Logika Fuzzy. Cetakan Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
[11] Gung Kris. (2014). Memulai Usaha Kartu Kuota. Graha Ilmu, Yogyakarta.