Implementasi Metode Elimination And Choice Expressing Reality Dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi

Main Article Content

Suryani - - Sunardi - -

Abstract

Pemilihan alat kontrasepsi bagi Akseptor Keluarga Berencana sangat mempengaruhi permasalahan kependudukan di Indonesia yaitu dalam menjalankan program Keluarga Berencana, memilih jenis alat kontrasepsi seperti pil, suntik, IUD/spiral, kondom, norplant atau susuk, vagina diafragma, dan spermatisida, bukanlah hal yang mudah karena efek yang berdampak terhadap tubuh tidak akan diketahui selama belum menggunakannya. Selain itu tidak ada alat kontrasepsi yang selalu cocok bagi semua orang karena situasi dan kondisi tubuh dari setiap individu selalu berbeda. Pemilihan alat kontrasepsi dilakukan berdasarkan faktor kesehatan yaitu obesitas, jantung, diabetes, radang panggul, tumor dan hipertensi dan faktor metode kontrasepsi yaitu efektivitas, harga, usia, keamanan, frekuensi pemakaian, efek samping serta kemauan dan kemampuan untuk melakukan kontrasepsi secara tepat dan teratur. Elimination and Choice Expressing Reality (ELECTRE) adalah salah satu metode yang diimplementasikan dalam merancang system pengambil keputusan pemilihan alat kontrasepsi bagi akseptor keluarga berencana untuk menghasilkan alternatif keputusan yang akurat berbasis web dan android aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Trisnawarman Dedi. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Metode/Alat Kontrasepsi.Jurnal Teknologi Informasi. 2007.
[2] Prakoso Tri Puji. Jurnal Teknik Informatika: Penggunaan Metode ELECTRE (Elimination ET Choix Traduisant La Realite) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Menu Makanan Sehat. 2015.
[3] Kamaludin Asep. Jurnal Teknik Informatika: Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting. 2012.
[4] Malabay. Jurnal Ilmu Komputer: Pemanfaatan Unified Modeling Language (UML) dalam Rangka Penglolaan Perencanaan Proyek. 2015.