Implementasi SMS Gateway Pada Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam

Main Article Content

Nurlindasari - Tamsir Nirwana - -

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Al-Ikhlas merupakan suatu unit koperasi yang proses bisnis utamanya adalah penyediaan layanan kredit terhadap nasabah. Nasabah dapat mengkredit sejumlah uang maupun barang. Dengan banyaknya permintaan nasabah terhadap kemudahan dalam transaksi di KSP ini maka KSP Al-Ikhlas membuat suatu layanan khusus untuk mempermudah transaksi di KSP Al-Ikhlas yaitu dengan adanya layanan SMS Getway. Aplikasi SMS Getway Koperasi ini bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan beberapa proses transaksi misalnya pengecekan saldo, pengisian pulsa, pengecekan informasi kredit dan transfrer saldo. Pengguna dari aplikasi ini adalah nasabah dan administrator yang mengontrol informasi pesan yang masuk ke aplikasi. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana bantu bagi nasabah untuk mempermudah transaksi tanpa harus datang ke kantor koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Suhartanto A. Pemanfaatan Teknologi SMS Gateway dalam Implementasi Pemodelan Pelayanan Nasabah. Jurnal INTENSIF. 2017; 1(1): 10-19
[2] Sukamto. “Aplikasi Pengelolaan Laundry berbasis Web Dan SMS Gateway sebagai sarana pemberitahuan". Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional Veteran. 2011.
[3] Tata Sutabri. Analisis Sistem Informasi. Edisi Satu. Yogyakarta : CV Andi Offset. 2012
[4] Rudianto. Akuntansi Koperasi. Jakarta: Erlangga. 2010.
[5] S. Rosa A, and Shalahuddin. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.2011.
[6] Afrina M, Ibrahim A. Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI). 2015; 7(2): 852-864