Penerapan Teknik Steganografi Untuk Keamanan Pengiriman Data Teks Ke Dalam Citra Berbasis Android

Main Article Content

Madyana Patasik Sri Wahyuni Novita Sambo Layuk

Abstract

Steganografi merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengamankan informasi dengan menyembunyikan informasi ke media lain seperti citra digital, teks, suara atau video sehingga tidak menimbulkan kecurigaan orang lain. Media penampung yang banyak digunakan untuk menyembunyikan informasi yaitu citra digital. Algortima Lest Significant Bit merupakan teknik steganografi dengan cara memodifikasi bit-bit yang termasuk bit Lest Significant Bit pada setiap byte warna pada sebuah pixel. Bit-bit Lest Significant Bit ini dimodifikasi dengan menggantikan setiap Lest Significant Bit yang ada dengan bit-bit informasi lain yang ingin disembunyikan. Penelitian ini berhasil membangun Aplikasi Steganografi yang dapat melakukan penyembunyian data ke dalam citra sebelum data tersebut dikirim melalui email berbasis android, dengan indikator aplikasi menghasilkan citra baru tanpa merusak citra asli, citra baru tersebut yang akan dikirim melalui media pengiriman data seperti email, maupun media transmisi data lainnya. 

Article Details

How to Cite
PATASIK, Madyana; WAHYUNI, Sri; LAYUK, Novita Sambo. Penerapan Teknik Steganografi Untuk Keamanan Pengiriman Data Teks Ke Dalam Citra Berbasis Android. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/195-207>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

References

[1] Sentot, Kromodimoeljo, 2010, Teori & Aplikasi Kriptografi.SPK IT Consulting.
[2] Hidayatullah, Priyanto, 2015, Pengolahan Citra Digital; Teori dan Aplikasi Nyata, Informatika, Bandung.
[3] Nazaruddin, Safaat H, 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung.
[4] Mustaqbal M. Sidi, 2015, “Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis”, Universitas Widyatama, Bandung.
[5] Hendraputra, Ade; Pratondo, Agus; Wijaya, Dedy Rahman, 2009, “Jaminan Mutu Sistem Informasi”, Politeknik Telkom, Bandung.