Penerapan Metode Certainty FactorDalam Aplikasi Bimbingan Konseling Dalam Moniroting Pelanggaran SiswaSma Negeri 1 Barru Kab. Barru

Main Article Content

Salmiati - - Rudy Donny Liklikwatil

Abstract

SMA Negeri 1 Barru adalah lembaga pendidikan yang didedikasikan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. Pada dasarnya di setiap sekolah  selain dituntut baik dalam pelajaran saja, juga dituntut pengembangan diri setiap peserta didik.Kegiatan pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah atau madrasah. Seperti halnya pada SMA Negeri I Barru,  dalam menjalankan organsisasinya, Guru bimbingan konseling terkadang kesulitan dalam memantau pelanggaran siswa yang masih menggunakan sistem pencatatan manual yaitu berupa menulis pelanggaran siswa melalui kertas dan memindahkannya kembali ke buku konseling. Dengan latar belakang ini maka dituntut penggunaan aplikasi Point monitoring yang berbasis android dalam pengimputan pelaporan pelanggaran berbasis Web dengan metode certainty factoryang melakukan pembuktian dengan suatu fakta. Proses ini dapat membantu dalam merekapitulasi pelanggaran siswa dan dijadikan sebagai evaluasi sekolah. Sebagai pengujian  perangkat lunaknya digunakan whitebox testing. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan guru bimbingan konseling dimudahkan dalam memonitoring pelanggaran siswa dengan sistem point yang selanjutnya akan menjadi sebuah data informasi yang bermanfaat bagi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Al-fatta, Hanif. 2007,Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[2] Andri Kristanto, 2004, ”Dasar Rekayasa Perangkat Lunak”, Andi Yogyakarta
[3] Abdul Kadir., 2009,Form Zero to A Pro: Membuat Aplikasi WEB dengan PHP Database MySQL, Penerbit Andi, Yogyakarta
[4] Imran Djafar, Wahyudi rusdi,2017. Implementasi Metode Certainty Factor Untuk Aplikasi Kebijakan Sistem Point Monitoring Pelanggaran Siswapada Sma Negeri 1baras Mamuju Utara.
[5] Jogiyanto, H. M. 2007,Analisis Dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[6] Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi,.Yogyakarta.
[7] Roger. S. Pressman, 2007, Rekayasa Perangkat Lunak (Buku 11), Andi Offset, Yogyakarta.
[8] Sutabri, Tata., 2012,Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.
[9] Wikipedia, “Peserta Didik”, Diunduh 27 Januari 2018 melalui Https://id.m.wikipedia.org/wiki/Peserta_didik.