Sistem Penunjang Pemilihan Komputer Rakitan Menggunakan Metode AHP Dan Agglomerative Clustering Pada Toko Elextra Komputer Makassar

Main Article Content

Sri Wahyuni Asmah Akhriana

Abstract

Elextra Komputer, didirikan pada tanggal 25 September 1999 adalah perusahaan yang memasarkan peralatan komputer dan komunikasi di Makassar. Seiring dengan perkembangan organisasi, Elextra kemudian menjadi Perseroan Komanditer pada tanggal 11 Maret 2004. Semakin variatifnya jenis komputer juga akan semakin menyulitkan dan membingungkan calon pembeli dikarenakan harus membandingkan spesifikasi yang begitu banyak dari berbagai merek komputer. Sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat merekomendasikan komputer dengan spesifikasi yang diinginkan oleh calon pembeli, dengan cara menganalisa basis data produk komputer  untuk kemudian diklasifikasi berdasarkan karakteristik tertentu. Sebelum di klasifikasi, komputer akan diranking menggunakan pembobotan berdasarkan spesifikasi masing-masing komputer, perhitungan ranking menggunakan metode Analisis Hirarki Proses (AHP), AHP akan menghitung pembobotan sesuai spesifikasi masing-masing komputer. Untuk mengklasifikasikannya dibutuhkan analisis cluster. Analisis cluster atau clustering method adalah teknik untuk mengelompokkan individu atau objek menjadi beberapa kelompok tertentu dimana setiap objek yang berada dalam kluster yang sama mempunyai kemiripan satu dengan yang lain di bandingkan dengan anggota cluster lain. Agglomerative Clustering adalah analisis statistik yang berguna untuk mengelompokan sejumlah objek ke dalam jumlah kelompok yang sudah ditetapkan di mana karakteristik objek hanya dikelompokan berdasarkan variable tertentu akan tetapi karakteristik latar belakang objek belum diketahui dengan pasti.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[2] Bhima Arya Tristya Haryu Niswara, Rekyan Regasari Mardhi Putri, Nurul Hidayat. 2016 "Rekomendasi Pemilihan Paket Personal Computer Menggunakan Metode AHP-TOPSIS". Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 2, No. 5. e-ISSN: 2548-964X.
[2] Fadly Shabir, Abdul Rachman Manga 2016. “Rekomendasi Pembelian Personal Komputer Dengan Metode Ranked Clustering”. Jurnal Fikom UMI volume 8. No.2.
[3] Herlawati. 2011.Menggunakan UML. Bandung. Penerbit Informatika
[4] Yulian Saputra. 2015 . “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”. Jurusan Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro. Semarang