Perancangan Aplikasi Pemetaan Data Pemilih dan Analisis Pemenang Pemilu Legislatif

Main Article Content

Wilem - Musu Baharuddin - Rahman

Abstract

Pemilihan Umum Legislatif  (PILEG) merupakan pesta demokrasi lima tahunan yang  banyak menyedot perhatian masyarakat. Karena banyak diantara mereka yang mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dengan beragam motivasi. Persaingan ketat terjadi karena rasio jumlah caleg dengan kursi legislatif yang tersedia relatif sangat besar. Untuk itu para caleg harus benar-benar membuat strategi jitu agar  dapat menang. Permasalahan yang muncul karena banyak caleg kurang memanfaatkan sumber informasi yang ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada daerah pemilihan masing-masing sehingga usaha-usaha untuk memenangkan pemilihan cenderung tidak efisien. Mereka banyak mengeluarkan tenaga, pikiran dan uang, tetapi dukungan suara yang diperoleh sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi yang dapat digunakan para caleg untuk mengelolah elemen-elemen data dalam DPT. Hal ini untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan membuat pola dan strategi pemenangan pileg. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode perancangan waterfall dengan tahapan indentifikasi masalah, analisis kebutuhan informasi, perancangan sistem, implementasi dan pengujian sistem. Sedangkan aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemograman Delphi dengan database MYSQL. . Hasil penelitian menunjukan bahwa DPT dapat dipetakan dengan mudah dan cepat berdasarkan kategori jumlah pemilih, jumlah pemilih berdasarkan jenis kelamin, status pernikahan, domisili, RT/RW dan usia. Hal ini akan memudahlan caleg setiap saat mengetahui kekuatan dukungan sesuai dengan program pemenangan yang telah dilakukan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kristianto, Andi. Aplikasi Pengolahan Data. Informatika Bandung : Bandung. 2008 : Hal. 8.
[2] Jogiyanto. Analisis dan Disain Sistem Informasi. Yogjakarta : Andi Offset. 2005 : Hal.11,195.
[3] Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Amani. 1998 : Hal. 52.
[4] Yusman, Maryanti. Rancang Bangun Sistem Informasi Pilkada Berbasis Web di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Jurnal Litek. 2012; Vol 9 No 2.
[5] Kristina, Anis, Septriono Pambudi Utomo, Moch. Yofan Gustama, Vicky Tri Wicaksono. Perancangan Sistem Informasi Pemungutan Suara Kepala Desa Studi Kasus Pada Pemilihan Kepala Desa Di Kelurahan Bae Kudus. Jurusan Manajemen Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom : Yogyakarta. 2010.