Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Analisis Penyakit Gangguan Kepribadian Menggunakan Teorema Bayes

Main Article Content

Ahyuna - Suryadi Hozeng Irmawati -

Abstract

Gangguan kepribadian merupakan istilah umum untuk suatu jenis penyakit di mana cara berpikir, memahami situasi, dan berhubungan dengan orang lain tidak berfungsi. Dalam beberapa kasus, kemungkinan penderita tidak menyadari bahwa mereka memiliki gangguan kepribadian karena cara berpikir dan berperilaku tampak alami bagi si penderita, dan penderita mungkin menyalahkan orang lain atas keadaannya,Sedangkan orang awam yang ingin mengetahui  apakah kepribadian mereka mengalami gangguan, terkadang mengalami kendala bagaimana solusi untuk bisa berkonsultasi tanpa harus menemui seorang psikiater atau psikolog. Salah satu teknik dalam mendiagnosis gangguan kepribadian  adalah sistem pakar. Dimana sistem pakar ini dapat mendiagnosis gangguan kepribadian dengan meniru kerja para ahli/pakar. Sistem pakar ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP Metode yang digunakan adalah metode Teorema Bayes. Dengan adanya sistem pakar ini pengguna sistem dapat mengetahui jenis gangguan kepribadian yang mungkin diderita.

Article Details

How to Cite
-, Ahyuna; HOZENG, Suryadi; -, Irmawati. Pembangunan Aplikasi Sistem Pakar Analisis Penyakit Gangguan Kepribadian Menggunakan Teorema Bayes. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/17-26>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

References

[1] Kusrini. 2007, “Sistem Pakar : Teori dan Aplikasinya.” Yogyakarta. Penerbit andi
[2] Kaplan HI, Sadock BJ, Grebb JA. “Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis”. Tangerang (Indonesia) : BINARUPA AKSARA; 2010.
[3] Kristanto, Andri. 2011, “Kecerdasan Buatan”. Yogyakarta. Penerbit Andi.