Desain dan Analisis Implementasi Aplikasi Berbasis Costumer Relationship Management Pada PT. Kareba Intermedia Makassar

Main Article Content

Baizul Zaman Sri - Wahyuni

Abstract

Dalam proses bisnisnya, PT. Kareba Intermedia Makassar masih menggunakan cara-cara yang konvensional dalam mengelola data pelangganya. Sehingga, perusahaan ini kesulitan untuk mengidentifikasi pelangganya. Padahal, dalam dunia bisnis, pelanggan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan. Untuk itu maka perusahaan harus bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Salah satu cara untuk membina hubungan dengan pelanggan adalah dengan diterapkannya strategi CRM (Customer relationship Management). Dalam penelitian ini, akan dibangun sebuah aplikasi desktop berbasis CRM untuk menggantikan sistem konvensional yang digunakan sebelumnya. Pemanfaatan aplikasi desktop ini dititikberatkan pada pengelolaan data-data pelanggan yang melakukan hubungan bisnis dengan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi desktop dalam mengelola data-data pelanggan dapat memudahkan pihak perusahaan untuk memetakan dan menganalisis data pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] H.M., Jogiyanto. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi Kedua Cetakan Kedua, Andi Offset, Yogyakarta
[2] Adi Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi Offset..
[3] A.S Rosa dan Salahuddin M, 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.
[4] Salim, Emil and Arafiah, Toto. 2010. Sistem Informasi Manajemen Pembelian, Penjualan, Dan Persediaan Barang Pada PT Surya Agung Abadi Palembang. STMIK GI MDP
[5] Raymand Mclead.JR. 1995. Sistem Informasi Manajemen. PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.