IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY KENDARAAN DARAT SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAGI ANAK USIA DINI

Main Article Content

Indo - Intan Wahyudi - Rusdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) membuat sistem perangkat lunak pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality dengan konten pengenalan kendaraan darat bagi anak usia dini; (2) menguji fungsionalitas sistem perangkat lunak sesuai yang diharapkan; dan (3) menguji tingkat kepuasan pengguna dalam memanfaatkan perangkat  media berbasis Augmented Reality. Metode yang digunakan dalam perancangan adalah desain Unified modelling Language yang terdiri atas Use Case, Activity Diagram dan Sequence Diagram; sedangkan metode pengujian sistem adalah eksperimental, black box, dan statistik. Pengujian eksperimental sebagai pengujian parameter posisi  antara marker dan kamera agar diperoleh visualisasi obyek secara optimal; black box sebagai pengujian terhadap fungsi perangkat lunak dan statistik sebagai pengujian tingkat kepuasan pengguna sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem perangkat lunak sebagai  media pembelajaran interaktif dengan konten memvisualisasikan kendaraan darat dengan obyek: becak, sepeda, sepeda motor, mobil, dan kereta api dalam bentuk dimensi tiga disertai suara. Hasil pengujian eksperimental menunjukkan bahwa dari pengujian marker diperoleh posisi optimal dengan jarak sekitar 80-100 cm, sudut sekitar 45o, dan rotasi setiap 90o baik searah atau berlawanan jarum jam dengan sisi tampilan: depan, samping kiri, belakang, samping kanan, dan kembali ke depan. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa semua marker berhasil dikenali dan ditampilkan sesuai yang diharapkan, sedangkan hasil pengujian statistik menunjukan bahwa dari 10 sampel responden, diperoleh t hitung = 4,462 lebih besar dari pada t tabel =  2,306 pada tingkat kepercayaan 95% sehingga disimpulkan bahwa sistem perangkat lunak berbasis augmented reality bisa dijadikan media pembelajaran yang menarik, interaktif dan mudah bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Anggi A. Augmented Reality With ARToolkit. Bandar Lampung : Augmented Reality Team. 2011.
[2] Benny A. Komunikasi Visual. Jakarta : PAU-PIPAI UT. 2000.
[3] Dini WM. Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada. 2012; 39(1): 112-120.
[4] Heny D. Pengembangan Potensi Anak Usia Dini melalui Penerapan Kelas yang Berpusat pada Anak. Diakses dari http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197007241998022-heny_djoehaeni/jurnal-pendekatan_kelas_berpusat_pada_anak.pdf pada tanggal 26 Januari 2015
[5] Listari B. Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam. 2012; Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 5(1).
[6] Kurniawan TM, Rinta K. Mobile Augmented Reality. Jurnal Sistem Komputer. 2014; 4(1).
[7] Munir. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Jakarta: Alfabeta. 2009.
[8] Mohammad S., Ire PW. Penerapan Teknologi Augmented Reality Bidang Pendidikan untuk Menjelaskan Materi Proses Pembuatan Chip.
[9] Anonym. OpenSpace3D is a free and open Source development platform for interactive real time 3D projects, (http://www.openspace3d.com , diakses 24 Januari 2015)
[10] Suhendar, Hariman G. Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung : Informatika Bandung. 2002.