Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Menentukan Penerima Bantuan Rakyat Miskin Berbasis Mobile

Main Article Content

sunardi - - samsu - Alam

Abstract

Sebagai suatu kantor Pemerintahan yang menjalankan aktivitasnya sehari-hari Kelurahan Teppo memerlukan arah dan kebijak sanaan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Adanya program beras miskin (raskin) yang akan di terima oleh warga yang tidak mampu harus sesuai dengan kriteria yang telah di tentukan oleh pemerintah. Diharapkan dengan adanya program ini dapat membantu warga yang tidak mampu dalam mencukupi kebutuhan sehari hari.Untuk mencapai tujuan dari program raskin, maka Kelurahan Teppo harus mempunyai sistem yang lebih canggih, cepat dan akurat serta dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja kelurahan. Dimana system ini diharapkan mempermudah pegawai Kelurahan Kelurahan Teppo dalam menentukan sasaran penerima raskin dan pembuatan laporan yang lebih cepat dan akurat sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Oleh sebab itu mengajukan rancangan sistem baru secara komputerisasi dengan mengaplikasikan bahasa pemrograman java versi android dan pemrograman php sebagai alternative pengganti dari sistem lama yang berupa manual, agar mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi dan Metode SAW(Simple Additive Weighting),. Perancangan sistem ini dimulai dari analisa terhadap sistem yang sedang berjalan pada kelurahan kemudian dilanjutkan dengan merancang output, lalu ditentukan rancang input dan rancang file. Hasil yang di dapat akan lebih cepat, tepat dan akurat serta manfaatnya akan bisa dirasakan bagi kelurahan khususnya bagi pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Malabay. Jurnal Ilmu Komputer: Pemanfaatan Unified Modeling Language (UML) dalam Rangka Penglolaan Perencanaan Proyek. 2015.
[2] Kamaludin Asep. Jurnal Teknik Informatika: Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weighting. 2012.
[3] Melisa Elistri, Jusuf Wahyudi, Reno Supardi. Jurnal Media Infotama Vol. 10 No. 2, Penerapan Metode SAW Dalam Sistem Pendukung KeputusanPemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah AtasNegeri 8 Seluma. 2014.
[4] Ni Ketut Dewi Ari Jayanti. CSRID Journal: Implementasi Metode Saw Dan Ahp Pada Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen. 2016.