Perancangan Aplikasi Virtual Reality Objek 3D Pada Video Promosi Perumahan Zarindah Berbasis Android

Main Article Content

Imran Djafar I Wayan Simpen salmiati -

Abstract

Saat ini perumahan yang kami teliti masih menggunakan media promosi konvensional yaitu berupa brosur, pamflet dan koran, dimana telah banyak kompetitor yang lain juga menggunakan promosi yang sama. Maka dari itu pemilihan media promosi yang deferensiasi yang tepat  merupakan sebuah strategi yang diharapkan mampu  meraih  pangsa  pasar  dalam dunia usaha tersebut. Untuk itu dibuatlah sebuah video promosi yang berbentuk virtual reality, dimana informasi yang disajikan berupa contoh rancang bangun rumah dengan model 3 dimensi. Guna menghadapi persaingan pasar dan sekaligus menarik para konsumen, makanya peneliti merancang sebuah aplikasi aplikasi virtual reality 3D pada periklanan berbentuk video promosi perumahan berbasis android yang nantinya calon pembeli dapat berinteraksi  dengan  melihat gambaran real dari rumah yang ditawarkan mulai dari eksterior dan interior. Untuk menampilkan video promosi tersebut, calon pembeli dapat menginstal aplikasi yang telah disediakan dan tinggal melakukan scan pada qrcode yang sudah ada pada brosur. Dari hasil pengujian aplikasi, maka didapatkan bahwa setiap komponen dari aplikasi dapat berjalan secara fungsional sesuai dengan sistem yang dibuat. Semua hasil tersebut dibuktikan dengan adanya tabel pengujian aplikasi.

Article Details

How to Cite
DJAFAR, Imran; SIMPEN, I Wayan; -, salmiati. Perancangan Aplikasi Virtual Reality Objek 3D Pada Video Promosi Perumahan Zarindah Berbasis Android. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/161-172>. Date accessed: 18 feb. 2020.
Section
Articles

References

[1] Gianty, T, 2012,” Black Box Testing and Implementation”, Smart Book, Singapore.
[2] Hengky W. Pramana. 2012. ”Aplikasi Inventory Berbasis Access.”, Yuhefizar, Jakarta
[3] Hendra Nugraha Lengkong, Alicia A.E. Sinsuw dan Arie S.M Lumenta, 2015 “Perancangan Petunjuk Rute pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS berbasis Android yang Terintegrasi pada Google Maps” E-journal Teknik Elektro dan Komputer.
[4] Hermawan S.(2016).”Mudah Membuat Aplikasi Android”. Andi Offset: Yogyakarta.
[5] Martin Fowler, 2015.”UML Distilled Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar “.Andi. Yogyakarta.
[6] Munawar. 2014. “Pemodelan Visual dengan UML”, Graha ilmu, Yogyakarta.
[7] Sukamto dan Shalahuddin. 2013. ”Rekayasa Perangkat Lunak RA.”, Informatika, Bandung.
[8] Swastha, basu. 2016. “Manajemen Pemasaran”. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan, Liberty, Jakarta.
[9] Yudi Nugraha Bahar. 2014,”Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur”. Depok: Jurnal Desain Konstruksi.
[10] https://www.facebook.com/zuck/posts/10101319050523971 Diunduh pada 15 Feburari 2019