Perancangan Aplikasi Arsip Digital Berbasis Client Serverpada Kantor Pemerintah Kecamatan Sabbangparu Kab.Wajo

Main Article Content

Nurdiansah - - Abdul - Rauf

Abstract

Perkembangan informasi era globalisasi dewasa ini yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat dan canggih, mengakibatkan masyarakat cenderung untuk memanfaatkan kemajuan dari teknologi tersebut. Arus informasi yang semakin cepat membuat masyarakat akan lebih cepat tanggap terhadap segala macam perubahan yang terjadi, akibatnya seperti tidak ada lagi pembatasan dimensi ruang, jarak, dan waktu. Salah satu hasil teknologi yang berkembang saat ini adalah bidang komputerisasi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.Komputer dapat melaksanakan beberapa hal yang dilakukan manusia, khususnya dalam hal pengolahan data diantaranya menyimpan data, melakukan perhitungan, memilih serta mengklasifikasikan data.Pengolahan data bertujuan untuk menghasilkan informasi yang diperlukan.Pada era globalisasi sekarang ini kemampuan sebuah organisasi untukmemprosesdata dengan cepat sangatlah dibutuhkan.Dalam hal ini kearsipan pada Kantor Pemerintah Kecamatan Sabbangparu memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi yaitu sumber informasi dan sebagai pusat ingatan informasi bagi organisasi. Permasalahan di Kantor Pemerintah Kecamatan Sabbangparu adalah dalam kegiatan pengarsipannya masih menggunakan sistem manual, yang diakui memiliki banyak kelemahan seperti tidak awet, membutuhkan waktu lama dalam proses pencarian arsip dan penyimpanannya masih di lemari arsip. Sehingga tidak menutup kemungkinan arsip yang masih berupa manual itu hilang atau rusak dan tidak mempunyai back-up. Untuk itudiperlukan sebuah sistem yang bisa menunjang kegiatan pengarsipan di Kantor Pemerintah Kecamatan Sabbangparu agarpercepatan dan kecepatan informasi dapat berjalan dengan baik.Kata Kunci : menganalisa, Perancangan, implementasi dan pengoperasian.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Jogiyanto H.M. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset. 1:2007.
[2] Kusrini & Andri Koniyo. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Andi Offset. 6:2007.
[3] Sri Endang, Sri Mulyani & Suyetty. Modul Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan.Jakarta: Erlangga. 7:2009.
[4] Wahana Komputer. 2010. Panduan Aplikatif & Solusi Membuat Aplikasi Client Server. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset Yogyakarta.
[5] Wahidin. Pengembangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset Yogyakarta. 55: 2007.
[6] Wiwit Siswoutomo. 2010. The Secret of VB .Net. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Jakarta.