Sistem Informasi Penggajian Pada Pengadilan Negeri Makassar

Main Article Content

Indo - Intan Nirwana - -

Abstract

System penggajian menggunakan aplikasi komputer sederhana merupakan salah satu proses dalam organisasi yang menjadi tanggung jawab bagian manajemen sumber daya manusia yang rentan terhadap kesalahan perhitungan dan kelambatan pengolahan data. Akibatnya, penyajian informasi tidak akurat dan keterlambatan pembayaran gaji. Hal ini menjadikan sistem penggajian perlu didukung dengan sistem informasi yang lebih baik yang menggunakan database. Metode  perancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat desain bagan alir dokumen, diagram konteks, dan diagram arus data sedangkan metode pengujian sistem menggunakan white box untuk menguji fungsi logika dan prosedur. Hasil perancangan terdiri atas rancangan input yang terdiri atas empat menu dan perancangan output terdiri atas tiga laporan: laporan pembayaran gaji, slip gaji pegawai dan hasil pengujian menunjukkan bahwa  dari sepuluh form yang diuji, maka terdapat 54 cyclomatic complexity, 54 region dan 54 independent path sehingga memenuhi kebenaran logika dan prosedur. Kesimpulannya adalah system informasi penggajian layak diimplmentasikan pada pengadilan negeri Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Andi, Yogyakarta.
[2] Aminudin, A., Purnama, B.E., Wardati, I.U. Sistem Informasi Penggajian Pegawai Pada Kantor Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi . 2015; 7 (3):38-43.
[3] Jogiyanto H.M. 2001. Analisa dan Desain Sistem informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
[4] Rinawati, Sitanggang, L. Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan PT. BPR Bumiasih. Jurnal Computech&Bisnis. 2014; 8(1):1-12.
[5] Sulistyo, Y.S., Syamsuddin, H.D. Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pegawai (Studi Kasus: PT. Sari Gaperi Jaya Harmoni Jakarta). Jurnal Komputer.2012; 8(2):90-105.
[6] Syahrir, A. S. Perancangan Sistem Informasi Penjualan berbasis Client-Server Menggunakan Barcode pada CV Cahaya Surya Makassar. Prosiding Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. 2013; 2(1):136-147.