Analisis Algoritma Feature Extraction untuk Menentukan Nominal Uang Rupiah Menggunakan Webcam

Main Article Content

Salman - Amirah -

Abstract

Uang kertas merupakan sebuah benda yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia terutama dalam pembayaran transaksi keuangan. Industri uang kertas sebagai mata uang suatu Negara dimonopoli oleh bank sentral negara yang dalam hal ini untuk menjaga serta menjamin nilai dan mengatur kestabilan moneter suatu negara.Nilai nominal uang adalah nilai yang tertera pada setiap mata uang yang bersangkutan sehingga dapat diketahui langsung secara kasat mata, namun di zaman modern ini, manusia telah menciptakan mesin yang dapat mengenali nilai nominal uang dan menjumlahkan serta melakukan setor tunai dan tarik tunai uang . Namun mesin tersebut masih terbatas untuk nilai nominal uang. Maka dibuatlah aplikasi yang dapat melakukan penentuan nilai nominal uang kertas rupiah yang berlaku di Indonesia saat ini menggunakan sebuah alat bantu kamera. Kamera sebagai alat pengambilan citra uang untuk diproses sehingga menghasilkan sebuah informasi dari citra uang. Citra uang yang memiliki perbedaan warna khusus yang mencolok diekstrak beberapa kali menggunakan algoritma Feature Extraction, ekstraksi yang digunakan adalah ekstraksi fitur warna berupa rata-rata nilai RGB disimpan sebagai data sampel (data latih) yang diprediksikan berdasarkan training data (data uji) yang paling dekat yang kemudian diklasifikasi menggunakan metode k-Nearest Neibourg sehingga dapat diketahui nilai nominal uang tersebut. Aplikasi ini diciptakan bertujuan untuk menentukan nilai nominal uang rupiah. Adapun hasil pengujian didapatkan bahwa tingkat keakurasian aplikasi 100%. Dan tingkat pengujian aplikasi berdasarkan rumus k-Nearest Neibourg 85%

Article Details

How to Cite
-, Salman; -, Amirah. Analisis Algoritma Feature Extraction untuk Menentukan Nominal Uang Rupiah Menggunakan Webcam. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/151-160>. Date accessed: 13 aug. 2020.
Section
Articles

References

[1] Dwianti Irma, Fajar Widdy Hidayat, Buku Panduan Uang Rupiah, Jakarta, Penerbit Direktorat Pengedaran Uang Bank Indonesia, 2011.
[2] Jogiyanto, Pengenalan Komputer, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2009
[3] Kadir, Abdul. Dasar Pengolahan Citra Dengan Delphi, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2013.
[4] Prasetyo, Eko, Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya Mengguna-kan Matlab, Yogyakrta, Penerbit Andi, 2011
[5] Putra, Darma, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta, Penerbit Andi, 2010