Pembelajaran Interaktif Stimulasi Anak Untuk Pengenalan Huruf, Angka, Dan Warna Berbasis Android

Main Article Content

Yusuf Sumaryana Ruuhwan Ruuhwan Benny Delby Junimaudan Riga Zahara Nurani

Abstract

Stimulasi merupakan hal terpenting dalam tumbuh kembang anak. Di era digitalisasi saat ini banyak orang tua mengizinkan anaknya untuk bermain dengan smartphone secara berlebihan yang sering disebut sebagai screen time. Hal ini dapat menghambat stimulasi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak dan berdampak negatif pada tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, peneliti akan membuat aplikasi pembelajaran interaktif stimulasi anak untuk penegnalan huruf, angka, dan warna berbasis android yang dilengkapi dengan media suara dan kuis. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan untuk pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Adapun metode perancangan perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pemodelan Unified Modelling Language (UML). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan seperti pada judulnya, aplikasi yang dibuat diimplementasikan berbasis android dan berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box menunjukkan semua fungsi tombol pada aplikasi berjalan dengan baik (valid). Hasil riset menggunakan kuesioner menunjukkan 91,96% responden menilai aplikasi sangat baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran interaktif memberikan dampak positif kepada anak. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles