Sistem Informasi Geografis Lokasi Penyebaran Pelanggan Transvision Pada PT. Indonusa Telemedia Makassar

Main Article Content

Erny Marlina Baharuddin Rahman Rudy Donny

Abstract

PT. Indonusa Telemedia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan televisi satelit yang dikenal dengan nama Transvision. Proses promosi yang dilakukan oleh pihak PT. Indonusa Telemedia pada berbagai media berdampak pada meningkatnya pelanggan yang menggunakan televisi satelit. Salah satu permasalahan  yang sering terjadi adalah pada saat bagian teknisi akan melakukan pemasangan peralatan receiver dan parabola ke tempat pelanggan yang alamatnya kurang jelas yang menyebabkan seringnya terjadi keterlambatan pemasangan peralatan. Unttuk mengurangi permasalahan yang terjadi, maka PT. Indonusa Telemedia membuat suatu aplikasi yang dapat menunjukkan lokasi pelanggang melalui peta dan menunjukkan jalur menuju lokasi tersebut. Oleh karena itu pemanfaatan smartphone berbasis android dapat menjadi sebuah solusi dengan memanfaatkan GPS (Global Positioning System) dan google maps api yang sudah disediakan oleh setiap smartphone berbasis android. Metode pengujian dalam pembuatan aplikasi ini adalah dengan menggunakan Black Box. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat menunjukan lokasi pelanggan yang hendak memasang televise satelit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan hasil yang dapat membantu pihak perusahaan khususnya bagian teknisi dalam melakukan pemasangan receiver dan parabola..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Asep Juarna, 2015. Perancangan Perangkat Lunak. Informatika, Bandung.
[2] Desvira, 2016. Kriptografi pada layanan TV Satelit. Makalah IF2091 Struktur Diskrit, Institut Teknologi Bandung.
[3] Nazaruddin Safaat, 2014. Android Pemograman Mobile Smart Phone dan Tablet PC. Informatika, Bandung.
[4] Therestia Jeni, 2014. Implementasi GIS pada Navigasi Jalan Menggunakan PDA di Kabupaten Sleman. Naskah Publikasi STMIK AMIKOM, Yogyakarta.
[5] Andi, 2015. Global Positioning System (GPS). Naskah Publikasi STMIK AMIKOM, Yogyakarta.
[6] Adi Nugroho, 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
[7] Tim EMS, 2014, Android All in One. Elex Media Komputindo, Jakarta.
[8] Yuniar Supardi, 2016. Membuat Program Smartphone Untuk Android. Elex Media Komuputindo, Jakarta.
[9] Nadia Firly, 2015. Android Application. Elex Media Komputindo, Jakarta
[10] Yuni Sugiarti, 2015. Analisis dan Perancangan Sistem dengan UML. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
[11] Rosa AS, 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika, Bandung