Perancangan Aplikasi Trend Penjualan Suku Cadang Toko Cahaya Motor Rantepao

Main Article Content

Marsellus O. - Kadang

Abstract

Penjualan merupakan suatu kegiatan yang berupa penyaluransuatu  barang dari produsen kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan konsumen untuk menjamin kelangsungan hidup suati perusahaan yang bergerak dalam jasa jual beli. Untuk memudahkan suatu usaha jasa jual beli dalam mengolah transaksi baik berupa pembelian dan penjualan barang, maka perlu didukung suatu teknologi informasi berupa program aplikasi penjualan. Dengan adanya program aplikasi ini, maka pihak perusahaan dengan mudah untuk mendapatkan laporan penjualan, laporan pembelian, stok barang yang siap untuk dijual ke konsuman.  Toko Cahaya Motor Rantepao bergerak dalam bidang penjualan suku cadang berbagai merek kendaraan. Pengolahan data pada tokoini belum optimal oleh karena belum diintrasgikan ke dalam program aplikasi. Penelitian ini ditujukan untuk merancang sebuah program aplikasi pada TokoCahaya Motor Rantepao yang diharapkan mampu dengan cepat menghasilkan laporan yang dibutuhkan oleh pihak atau manajemen meliputi laporan pembelian barang, laporan retur pembelian, laporan penjualan, laporan retur penjualan, dan grafik penjualan barang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1]. A.S Rosa dan M.Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika, Bandung.

[2]. Risdiyana Ragil Putri, 2012, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pada Swalayan Koperasi Setia Bhakti Wanita, Tugas Akhir, STIKOM Surabaya, File pdf, didownload:22-4-2017

[3]. Sibero, Alexander F. K. 2013. Web Programming Power Pack. Yogyakarta., Mediakom.

[4]. Sujatmiko, Eko. 2012. Kamus Teknologi Informasi dan Komunikasi. Surakarta: PT Aksarra Sinerga Media.

[5]. Sutabri, Tata. 2012. Analisis Sistem Informasi. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta

[6]. Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. ANDI Yogyakarta; Yogyakarta

[7]. Yenie Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, 2011.Pemograman Basis Data. Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu, Yogyakarta.