Penentuan Jenis Diet Gizi Pasien Penyakit Hipertensi, Diabetes, dan Kolesterol dengan Metode Forward Chaining

Main Article Content

Madyana Patasik Nirwana - Wahyudi Rusdi

Abstract

Penyakit hipertensi, diabetes dan kolesterol merupakan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme di dalam tubuh. Gizi merupakan faktor penting karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia. Oleh karena itu perlu pelayanan gizi yang berkualitas pada individu dan masyarakat. Pelayanan gizi merupakan salah satu sub-sistem dalam pelayanan kesehatan sempurna yang berfokus kepada keamanan pasien. Asupan zat gizi yang tidak sesuai sangat berkaitan dengan peningkatan resiko penyakit maupun komplikasinya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode forward chaining. Forward chaining merupakan metode inference yang melakukan penalaran dari suatu masalah kepada solusinya, karena inference dimulai dengan informasi yang tersedia dan baru konklusi diperoleh. Jika klausa premis sesuai dengan situasi, maka proses akan menyatakan konklusi. Dari rancangan aplikasi system pakar yang dibuat, maka orang awam yang menderita hipertensi, dabetes dan kolesterol dapat menentukan menu makanan sehat untuk dikonsumsi dengan menjalankan aplikasi sistem pakar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Sihotang, Hengki Tamando. 2014.Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolesterol pada Remaja dengan Metode Certainty Factor (Cf) Berbasis Web. Jurnal Manajemen dan Informatika. Penusa.
[2] Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung
[3] Kusrini, 2013. Sistem Pakar dan Teori Aplikasi. Andi. Yogyakarta.
[4] T. Sutojo. 2011. Kecerdasan Buatan, Yogyakarta. Penerbit Graha Ilmu
[5] Almatsier, Sunita. 2014. Penuntun Diet. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[6] Syamsudin. 2011. Interaksi Obat Konsep Dasar dan Klinis. Universitas Indonesia (UI Press).
[7] Hanata dkk, 2011. Pola Hidup Sehat untuk Lansia. Jakarta : CV Toga Putra
[8] Murray, R. K., Granner, D. K., & Rodwell, V. W.2009. Biokimia harper (27 ed.). Buku Kedokteran EGC. Jakarta.
[9] Garnadi, Y. 2012. Hidup Nyaman dengan Hiperkolesterol. PT Agro Media Pustaka.Jakarta