Sistem Pakar untuk Informasi Kebutuhan Gizi pada Hewan Peliharaan Jenis Anjing dengan Metode Fuzzy Logic Berbasis Android pada The One Petstore

Main Article Content

Wahyudi - Rusdi samsu - Alam

Abstract

The One Petstore merupakan salah satu toko yang melayani jasa perawatan dan klinik hewan khususnya peliharaan jenis anjing. Hal yang umum dikonsultasikan pelanggan terkait dengan kondisi kesehatan hewan peliharaannya, khususnya mengenai kebutuhan gizi hewan tersebut. Biasanya prosedur yang harus dilalui pelanggan pada Petstore ini cenderung menyita banyak waktu dan tenaga ditambah lagi ketersediaan lokasi serupa yang sangat jarang ditemui. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu membuat sebuah aplikasi sistem pakar dengan metode fuzzy logic berbasis Android. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat desain UML (Unfield Modelling Language). Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan sistem aplikasi java ADT (Android Developer Tool) dan Android SDK. Metode pengujian yang digunakan  yaitu Black Box dengan tujuan menunjukkan fungsi perangkat lunak aplikasi sistem pakar apakah pemasukan data dan keluarannya telah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hasil yang diperoleh yaitu aplikasi berbasis android yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui informasi gizi hewan peliharaannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Arhami, Muhammad. 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi Offset, Yogyakarta.
[2] Arifianto, Teguh. 2011, Membuat Interface Aplikasi Android Lebih Keren dengan LWUIT, Andi Offset, Yogyakarta.
[3] Chonoles, Michael Jesse, James A, Schardt, (2003), “UML 2 for Dummies”, Wiley Publishing, New York.
[4] DiMarzio, J.F., 2008, “A Android ; A Programmer Guide, 1st Edition”, McGrawHill, New York.
[5] Eddy, J., & Eddy, P.D., 2009, “GoogleTM on the Go : Using an Android Powered Mobile Phone”, Que, Indianapolis.
[6] Handojo, Andreas., Irawan, M.Isa, dan Ongko, Fendhy. 2004, Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Pakar untuk Permasalahan Tindak Pidana Terhadap Harta Kekayaan, Redaksi LPPM Universitas Kristen Petra.
[7] Kusrini. 2006, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta
[8] Safaat H, Nazruddin. 2012, Pemrograman Aplikasi Mobile