Simulasi Pelacakan Smartphone Berbasis Short Message Service (Sms) Denganmetode Location Based System (LBS)

Main Article Content

Husain. T - - Herlinda - -

Abstract

Smartphone yang berbasis android saat ini memiliki nilai mobilitas tinggi sehingga tingkat kehilangan pun akan cukup besar yang terjadi saat ini. Tingginya tingkat kehilangan menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi pengguna. Pengguna pun hanya memiliki peluang yang sangat kecil untuk  menemukan  smartphone maupun data-data yang tersimpan dismartphone tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melacak lokasi smartphone dengan memanfaatkan teknologi Short Message service (SMS) dan juga Global Positionig System (GPS) network provider. SMS digunakan untuk mengirimkan lokasi koordinat  berdasarkan format SMS yang diterima atau pun sim card yang terdeteksi tidak sesuai dengan sim card yang telah didaftarkan. Prinsip kerja dari aplikasi ini yaitu aplikasi akan mengirim pesan singkat (SMS) titik koordinat latitude dan longitude apabila user  telah melakukan registrasi terlebih dahulu dan mengirim pesan singkat (SMS) dengan format 1234 atau aplikasi akan mengirim SMS titik koordinat apabila aplikasi mendeteksi nomor sim card yang terdaftar pada database tidak sesuai dengan yang sedang terpasang atau sim card diganti. Dengan memanfaatkan GPS network provider yang berfungsi untuk mengambil titik koordinat dari  GPS maka smartphone tersebut tidak harus terhubung dengan internet untuk mendapatkan koordinat lokasinya dan memanfaatkan google MAPS untuk melakukan pencarian posisi smartphone maka user akan mengetahui keberadaan posisi smartphone dengan melakukan pencarian titik koordinat yang dikirim oleh smartphone yang hilang melalui pesan singkat (SMS). Penelitian ini diharapkan dapat membantu menemukan lokasi smartphone yang hilang, sehingga memungkinkan pemilik untuk menemukan kembali smartphone tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Adi Nugroho, 2010, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process)”, Andi Offset, Yogyakarta.
[2] Indra Yatini B, 2010, “Flowchart, Algoritma, dan Pemrograman menggunakan C++ Builder”, Graha ilmu, Yogyakarta.
[3] Nazruddin Safaat H, 2011, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”, Penerbit Informatika, Bandung.
[4] Roger S. Pressman, 2010, “Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi”, Andi Offset, Yogyakarta.
[5] Satria Stya, 2010, “Kamus Istilah Komputer”, Wahana Totalita Publisher, Yogyakarta.
[6] Teguh Arifianto, 2011, “Membuat Interface aplikasi android lebih keren dengan LWUIT”, Andi Offset, Yogyakarta.