Penerapan Algoritma Knuth Morris Pratt Pada Aplikasi Kamus Voice Manarang Berbasis Android

Main Article Content

Saprianto Saprianto Herlinah Herlinah Billy Eden William Asrul Yuliah Yuliah

Abstract

Penggunaan bahasa merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan atau fikiran bahkan perasaan kepada orang lain. Bahasa juga merupakan lambang atau identitas sebuah daerah, wilayah bahkan negara. Bahasa Mamuju merupakan bahasa yang sangat  popular bagi masyarakat mamuju, yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun seiring perkembangan zaman, hal tersebut sudah mulai berubah, masyarakat mamuju sudah jarang mendengarkan bahasa daerahnya sendiri, karena bagi kaula muda bahasa mamju dianggap susah untuk dipelajari, rumit dalam pengucapan, hanya berlaku bagi orang tua dan dianngap ketinggalan zaman. Berdasarkan permasalahan tersebut menjadi inisiasi untuk membangun aplikasi kamus voice bahasa mamuju berbasis android dengan tujuan untuk menghargai, mempertahankan dan melestarikan adat budaya bahasa sebagai sebuah kearifan local daerah mamuju.
Metode pengembangan aplikasi ini menggunakan algoritma Knuth Morris Pratt serta menggunakan fitur API Google Translate. Implementasi algortima Knuth Morris Pratt (KMP) difokuskan pada pencocokan string yang digunakan berdasarkan kosakata sesuai pattern setiap awal teks. Fitur API Google Translate digunakan untuk mendapatkan kosakata dalam bahasa inggris.
Aplikasi Kamus Manarrang yang dihasilkan dilengkapi dengan fitur-fitur dinamis untuk melakukan proses penambahan, pengeditan dan penghapusan sejumlah kata. Bahasa Mamuju yang disiapkan dalam aplikasi ini berkisar 500 kata yang belum dilengkapi dengan dialeg bahasa mamuju dengan speech. Rancangan aplikasi yang dibangun ini melakukan pencarian kata atau kalimat dengan teks juga dilengkapi dengan fitur voice untuk melakukan proses translate dari bahasa mamuju, bahasa indonesia dan bahasa inggris. Hasil kuisioner sebagai pengujian sistem menunjukkan bahwa aplikasi kamus voice manarang memberikan kemudahan pengguna secara baik sebesar 54.14%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles