Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Kuliner Terdekat di Makassar Menggunakan Algoritma A* Berbasis Android

Main Article Content

Cucut Susanto Hardi - Mudarsep -

Abstract

Terbatasnya informasi tentang lokasi kuliner di kota Makassar menyebabkan kesulitan bagi seseorang saat hendak mencari lokasi kuliner yang tepat. Kesulitan akan semakin terasa ketika kebutuhan tersebut bersifat mendesak. Terlebih khusus bagi seseorang yang belum lama tinggal di kota Makassar dalam aktifitas sehari-hari akan mengalami kesulitan dalam mencari suatu lokasi kuliner karena masih kurangnya informasi mengenai lokasi kuliner tersebut. Hal ini disebabkan banyaknya jenis kuliner yang ada dewasa ini. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah aplikasi yang dapat menyediakan informasi tentang lokasi kuliner terdekat di kota Makassar yang dapat digunakan dimanapun. Aplikasi yang dibuat terdiri dari dua bagian, yaitu aplikasi server dan aplikasi mobile. Aplikasi server digunakan untuk melakukanproses pencarian lokasi kuliner terdekat. Selain melakukan proses pencarian lokasi terdekat, aplikasi server jugamelakukan pencarian rute yang dapat digunakan serta menentukan rute yang dapat digunakan.Algoritma yang digunakan dalam proses pencarian lokasi terdekat menggunakan dua buah algoritma yang sering digunakan yaitu A*. Hasil informasi dari server berupa detail lokasi terdekat, rute menuju lokasi fasilitas yang ditampilkan dalam peta, dan jenis kuliner yang diinginkan. Hasil informasi akan dikirimkan kembali menjadi outputpada aplikasi mobile

Article Details

How to Cite
SUSANTO, Cucut; -, Hardi; -, Mudarsep. Perancangan Aplikasi Pencarian Lokasi Kuliner Terdekat di Makassar Menggunakan Algoritma A* Berbasis Android. SISITI : Seminar Ilmiah Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 8, n. 2, aug. 2019. ISSN 2354-6999. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/article/view/111-119>. Date accessed: 25 oct. 2020.
Section
Articles

References

[1] Arifianto Teguh, 2011, “Membuat interface aplikasi Android lebih keren dengan LWUIT”, Yogyakarta, Andi Offset.
[2] Irawati Esther S, 2012, “Pencarian Lokasi Fasilitas Umum Terdekat Dilengkap Dengan Rute Kendaraan Umum Lyn”, Semarang.
[3] Virrantaus, K., Markkula, j., Garmash, A., & Terziyan, Y. Developing GIS-Supported Location-Based Services. kyoto , japan. 2001.
[4] Purvis, Michael., Sambells, Jeffrey., Turner, Cameron., 2006, Beginning Google Maps Applications with PHP and Ajax From Novice to Professional., Apress.
[5] Setiawan Dee, 2008, “Membuat Aplikasi Database dengan Java dan Mysql,Yogyakarta”, Wahana Komputer.
[6] Suarsana I Gede, 2010 Analisis Dan Perancangan Mobile Game Berbasis J2ME Menggunakan Algoritma A*.,Library IT TELKOM.
[7] Nugroho Adi, 2010,”Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP(Unified Software Development Process)”, Yogyakarta, Andi Offset.