Implementasi Metode Certainty Factor Untuk Aplikasi Kebijakan Sistem Point Monitoring Pelanggaran Siswa Pada Sma Negeri 1 Baras Mamuju Utara

Main Article Content

Imran - Djafar Alders - Paliling Asrul - Syam

Abstract

Di sekolah siswa tidak hanya dituntut baik dalam pelajaran saja, akan tetapi juga pengembangan diri, Kegiatan pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah atau madrasah. SMA Negeri 1 Baras Mamuju Utara adalah lembaga pendidikan yang didedikasikan untuk membangun manusia Indonesia. Dalam menjalankan organsisasinya, Guru bimbingan konseling terkadang kesulitan dalam memantau pelanggaran siswa masih menggunakan sistem pencatatan manual yaitu berupa menulis pelanggaran siswa melalui kertas dan memindahkannya kembali ke buku konseling. Dengan latar belakang ini maka dituntut penggunaan aplikasi Point monitoring yang berbasis android dalam pengimputan pelaporan pelanggaran berbasis Web dengan metode certainty factor  yang melakukan pembuktian dengan suatu fakta. Proses ini dapat membantu dalam merekapitulasi pelanggaran siswa dan dijadikan sebagai evaluasi sekolah. Sebagai pengujian  perangkat lunaknya digunakan whitebox testing. Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan guru bimbingan konseling dimudahkan dalam memonitoring pelanggaran siswa dengan sistem point yang selanjutnya akan menjadi sebuah data informasi yang bermanfaat bagi sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Amti, Erman dan Prayitno. 2012. Layanan bimbingan dan konseling kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
[2] Dra. Delima Megaria, Panduan Penyusunan, Pelaksanaan Dan Pelaporan Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Guru BK/Konselor, Jakarta: Modul BK Erlangga Jakarta.
[3] Kusrini. 2012. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi,. Yogyakarta.
[4] Nugroho, Adi, 2011, Rational Rose Untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.
[5] Nugroho, Adi, 2012. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Andi
[6] Safaat H, Nazruddin, 2013, “Pemrograman Mobile Smartphone & Tablet PC berbasis Android”, Informatika, Bandung.
[7] Tampubolon, Manahan P. 2013. Perilaku Keorganisasian. Bogor: Ghalia Indonesia.