PROTOTIPE PENDETEKSI OBJECT MENGGUANAKAN COMPUTER VISION DAN RASPBERRY Pi

Main Article Content

Virgil Mervyn Lumabiang Christy Andris Leonard Manaha Andrew Tanny Liem Marchel Tombeng

Abstract

Penelitian ini membahas tentang prototipe pendeteksi objek. Prototipe ini dibuat untuk mendeteksi objek dalam sebuah ruangan dosen, sehingga mahasiswa tidak perlu masuk ke dalam ruangan dosen untuk memeriksa dosen yang bersangkutan dan dapat mempermudah mahasiswa dalam mencari dosen. Camera Pi digunakan untuk mendetaksi objek dalam ruangan dan diproses pada Raspberry PI menggunakan image processing tools dari OpenCV versi 4.0, OpenCV yang dipakai menggunakan bahasa pemograman Python versi 3.4. Kemudian menampilkan notifikasi berupa angka pada lampu LED Dot Matrix. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Prototype. Prototipe alat dibuat menggunakan algoritma Pre Trained Model Single Shot Detector (SSD) yang dapat mendeteksi sebanyak 21 objek, namum dalam penelitian ini hanya mendeteksi satu objek (Person). Hasil pengujian dapat mendeteksi objek dalam jangkauan 2 sampai dengan 5 meter dengan intentitas cahaya yang memadai, maka akurasi yang dihasilkan baik , dan LED Dot Matrix akan menampilkan angka satu dan jika tidak terdeteksi maka akan menampilkan angka nol.
Kata kunci : Object , Camera Pi, Raspberry PI, image processing tools, OpenCV 4.0, Python 3.4, LED Dot Matrix, Pre Trained Model Single Shot Detector (SSD).

Article Details

How to Cite
LUMABIANG, Virgil Mervyn et al. PROTOTIPE PENDETEKSI OBJECT MENGGUANAKAN COMPUTER VISION DAN RASPBERRY Pi. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1341-1351, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/531>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles