PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI KABUPATEN TASIKMALAYA

Main Article Content

Shinta Siti Sundari Yoga Handoko Agustin Lukman Sidiq

Abstract

Proses pemilihan penerima bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni di Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya diawali dari proses penyerahan dokumen pengajuan bantuan yang diketahui dan direkomendasikan oleh Camat serta Kepala Desa setempat. Pada proses penyerahan dokumen pengajuan bantuan belum optimal karena memerlukan banyak waktu, biaya yang tidak sedikit bahkan cukup menguras tenaga karena luasnya cakupan wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, proses pemilihan penerima bantuan yang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya belum menggunakan metode perhitungan dalam pengambilan keputusan yang dikhawatirkan terjadinya penilaian secara subjektif pada proses pemilihan tersebut. Dalam penelitian ini dirancang sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat mengoptimalkan proses pemilihan penerima bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni dengan pengembangan sistem menggunakan metode SDLC dan perancangan database menggunakan ERD, serta diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan database dengan MySQL. Metode keputusan yang digunakan adalah Analytical Hierarchy Process untuk perhitungan bobot prioritas dan konsistensi kriteria sedangkan Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution untuk menghitung nilai preferensi dan prioritas rekomendasi penerima bantuan. Hasil yang dicapai dari sistem pendukung keputusan ini dapat membantu proses penyerahan dokumen pengajuan bantuan menjadi lebih cepat, menghasilkan nilai CR = 0,005 yang menunjukan konsistensi nilai perbandingan kriteria yang diberikan dan mampu menghasilkan rekomendasi penerima bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni.
 
Kata kunci - AHP, Rumah Tidak Layak Huni, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS
 

Article Details

How to Cite
SUNDARI, Shinta Siti; AGUSTIN, Yoga Handoko; SIDIQ, Lukman. PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENERIMA BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI KABUPATEN TASIKMALAYA. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1299-1311, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/525>. Date accessed: 07 aug. 2020.
Section
Articles