METODE SPRINT DESIGN PADA PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BOOKING ONLINE FASTBOAT DI BALI

Main Article Content

Bagus Made Sabda Nirmala

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh terhadap industri pariwisata dan transportasi. Tidak terkecuali dengan transportasi air, khususnya fastboat ke Nusa penida, Bali. Dikarenakan berkembangnya pariwisata di Nusa Penida saat ini. Kondisi saat ini, setiap orang yang ingin bepergian ke Nusa Penida, selalu memanfaatkan fastboat, dengan membeli tiket boat di Pantai Sanur, Kusamba ataupun Padang Bai. Wisatawan masih memanfaatkan sosial media untuk mencari tiket boat tersebut dan memesan melalui aplikasi chat seperti whatsapp. Ada juga yang mencari tiket boat dengan menghubungi setiap operator fastboat baik melalui telepon, atau aplikasi chat. Kondisi ini menjadi masalah karena wisatawan yang ingin bepergian ke nusa penida harus meluangkan waktu lebih dan menghubungi satu-persatu penyedia tiket fastboat tersebut. Di sisi lain, masih adanya potensi penipuan melalui sosial media, yang bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab dengan menjual tiket fastboat palsu, dikarenakan tidak semua penjual tiket fastboat merupakan partner dari operator fastboat. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang User interface aplikasi mobile booking online Tiket fastboat Nusa Penida Bali yang mampu membantu calon pembeli tiket tidak menghadapi permasalahan yang dihadapi sebelumnya. Metode perancangan user interface yang digunakan adalah metode Sprint Design. Metode ini merupakan metode desain dengan pendekatan perancangan user interface berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh user dalam hal ini pemesanan tiket fastboat nusa penida. Metode ini digunakan untuk membantu agar rancangan user interface aplikasi ini mampu menjadi solusi rancangan UI dari permasalahan yang dihadapi oleh calon pembeli tiket fastboat di nusa penida dan Bali pada umumnya.
 
Kata kunci—Metode Sprint Design, aplikasi Mobile, User Interface, booking online

Article Details

How to Cite
NIRMALA, Bagus Made Sabda. METODE SPRINT DESIGN PADA PERANCANGAN APLIKASI MOBILE BOOKING ONLINE FASTBOAT DI BALI. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1273-1281, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/513>. Date accessed: 07 aug. 2020.
Section
Articles