RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAPORAN PENGGALIAN PADA UNIT PENAMBANGAN LAUT PT.TIMAH TBK.BANGKA BELITUNG DAN KEPRI BERBASIS MOBILE

Main Article Content

Anisah Anisah Ndaru Aji Wirastomo Ellya Helmud Fitriyani Fitriyani

Abstract

Proses pelaporan data penggalian, khususnya untuk penggalian pada unit penambangan laut yang ada pada unit penambangan Laut PT.Timah TBK saat ini masih menggunakan sistem yang manual (file excel) yang belum terkoneksi dengan database. Sehingga pada saat membuat laporan data penggalian membutuhkan waktu yang agak lama. Selain itu, proses pengolahan data dan pembuatan laporan masih rentan terhadap kesalahan data serta adanya pemborosan kertas karena kebutuhan laporan data penggalian dilakukan perhari. Oleh karena itu, sebuah sistem informasi yang berbasis mobile (android) bisa lebih mengefisienkan proses pelaporan data penggalian kepada pihak manajemen sehingga pelaporan dapat dilakukan secara lebih cepat, tepat dan akurat. Adapun metode penelitian menggunakan object oriented Analisis and Design(OOAD) dengan menggunakan tools Diagram UML (Unifield Modelling Language) dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman java SQLite sebagai database. Hasil dari sistem informasi yang ada akan menjadi solusi untuk mengatasi sistem yang berjalan sehingga laporan bisa dihasilkan secara cepat, tepat dan akurat dan lebih menghemat kertas karena laporan bisa diakses di android masing-masing. Serta data disimpan lebih aman di dalam database.
 
Kata Kunci—Pelaporan Penggalian, Penambangan laut, Diagram UML

Article Details

How to Cite
ANISAH, Anisah et al. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAPORAN PENGGALIAN PADA UNIT PENAMBANGAN LAUT PT.TIMAH TBK.BANGKA BELITUNG DAN KEPRI BERBASIS MOBILE. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1233-1241, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/509>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles