PENERAPAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION PADA SISTEM PRESENSI SISWA DI SMK PLUS PRATAMA ADI BERBASIS WEB

Main Article Content

Harya Gusdevi Hena Sulaiman Dwiayu Lestari

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat sehingga dapat memadupadankan banyak bidang seperti halnya bidang elektronika dan informatika. Pemanfaatan kedua bidang tersebut sering digunakan pada banyak bidang, contohnya bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, pemanfaatan teknologi digunakan dalam hal presensi siswa. Presensi atau kehadiran dapat menjadi faktor dalam menilai kedisiplinan siswa. Oleh karena itu, kegiatan pencatatan terhadap kehadiran siswa menjadi hal penting dan diperlukan ketelitian dalam pelaksanaannya. Tidak jarang proses pencatatan kehadiran siswa dengan cara manual dengan tulis tangan dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Seperti lambannya proses perekapan data dan banyaknya kertas yang dikeluarkan untuk pembuatan daftar kehadiran serta human error. Penerapan teknologi, khususnya dalam hal presensi ini menggunakan Radio Frequency Identification(RFID) dan mikrokontroler Arduino Uno dapat membantu mempercepat proses perekapan data dan meminimalisir tingkat kesalahan. Sistem presensi yang dirancang dan dibangun pada penelitian ini menggunakan bahasa hypertext prepocessor(php) untuk aplikasi berbasis web dan bahasa c# untuk pengkodingan alat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem presensi siswa berbasis web dengan menggunakan teknologi RFID sehingga dapat disimpulkan dengan dibangunnya sistem presensi ini dapat membantu memudahkan proses pencatatan daftar kehadiran siswa dan mengefisiensikan kinerja pada bagian staf absensi.
Kata kunci—Radio Frequency Identification(RFID), Presensi Siswa, Mikrokontroler Arduino Uno.

Article Details

How to Cite
GUSDEVI, Harya; SULAIMAN, Hena; LESTARI, Dwiayu. PENERAPAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION PADA SISTEM PRESENSI SISWA DI SMK PLUS PRATAMA ADI BERBASIS WEB. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1169-1178, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/501>. Date accessed: 29 feb. 2020.
Section
Articles