INSECTAR: APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY PENGENALAN MORFOLOGI HEWAN SERANGGA

Main Article Content

I Gede Harsemadi Rikat Tandojaya I Nyoman Rudy Hendrawan

Abstract

INSECTAR adalah aplikasi berbasis Augmented Reality Pengenalan Morfologi Hewan Serangga merupakan inovasi baru dalam memperkenalkan morfologi hewan serangga, dimana aplikasi ini di bangun untuk dapat menjadi solusi dari masalah yang timbul karena kurang efektifnya penggunaan buku pelajaran yang membahas morfologi hewan serangga bagi para pelajar karena hanya menyajikan informasi yang didukung oleh gambar 2 dimensi saja. INSECTAR dikembangkan untuk membantu memudahkan pelajar serta masyarakat pada umumnya mengenal morfologi (bagian tubuh) hewan serangga secara interaktif dengan penyajian objek-objek morfologi berbasis 3 dimensi yang informatif. Aplikasi berbasis mobile android yang dikembangkan dengan menggunakan media berupa perangkat lunak IDE Unity dan 3D Blender digunakan untuk membuat objek 3 dimensi serta aplikasi pengolah desain berbasis vektor ntuk membuat buku marker. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari tahap konsep, desain, pengumpulan data, pembuatan aplikasi, pengujian aplikasi dan distribusi. Aplikasi ini sudah melalui tahap pengujian dan masuk dalam kategori sangat baik, pengujian tersebut antara lain Blackbox Testing, Heuristic Evaluation yang hasilnya disajikan dalam bentuk tabel dan pengujian kuisioner dengan persentase sebesar 85,6%. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu aplikasi INSECTAR dan buku sebagai marker pendukung aplikasi.
Kata kunci—Augmented Reality, Morfologi, Serangga, MDLC

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles