PENGGUNAAN TRAINER ARDUINO PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DI AMIK LAMAPPAPOLEONRO SOPPENG

Main Article Content

Ihsanulfu’ad Suwandi Amriadi Amriadi Atno Atno

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan trainer mikrokontroler arduino pada mata kuliah Pemrograman Terstruktur (2) mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan pembelajaran trainer mikrokontroler arduino pada mata kuliah Pemrograman Terstruktur. Dalam merancang media pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Tepatnya di program studi manajemen informatika subjek uji cobanya  mahasiswa kelas A angkatan 2018 uji coba dalam penelitian ini dilakukan tiga kali yakni uji coba one to one pada tiga mahasiswa, uji coba kelompok kecil pada lima mahasiswa serta uji coba lapangan melibatkan lima belas mahasiswa, pengisian angket seorang dosen pada uji coba lapangan. Teknik Pengumpulan Data adalah validasi, angket dan test. Teknik  Analisis Data yakni persentase kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, data angket atau kuisioner, dokumentasi, dan tes.
Kata kunci— Mikrokontroler, Pembelajaran, Trainer Mikrokontroler Arduino

Article Details

How to Cite
SUWANDI, Ihsanulfu’ad; AMRIADI, Amriadi; ATNO, Atno. PENGGUNAAN TRAINER ARDUINO PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR DI AMIK LAMAPPAPOLEONRO SOPPENG. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1093-1102, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/493>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles