APLIKASI PENCARIAN KAFE MENGGUNAKAN METODE FUZZY BERDASARKAN KRITERIA PILIHAN PENGGUNA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MOBILE ANDROID

Main Article Content

Indo Intan Fatmasari Fatmasari Sri Wahyuni

Abstract

Kafe sebagai momen tempat berkumpul baik antar keluarga, teman, relasi, maupun untuk mediasi terhadap masalah, merupakan kebutuhan kekinian. Mobilitas warga di era revolusi industri 4.0 bervariatif. Kebutuhan untuk mengakses layanan pencarian kafeyang sesuai dengan pilihan pengguna layak untuk diperhatikan.  Tujuan kajian ini yaitu untuk membuat aplikasi berbasis mobile android agar memudahkan pencarian kafe melalui pemilihan kriteria sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Model perancangan unified modeling language menggunakan desain activity diagram dan metode pencarian Fuzzy Model Tahani. Pengujian perangkat lunak menggunakan black box. Hasil perancangan menunjukkan aplikasi yang menyediakan menu pencarian dan rekomendasi aplikasi. Rekomendasi tersebut sebagai proses operasi AND dalam menemukan fire strength tertinggi. Luaran pencariannya meliputi fitur nama kafe, menu, fasilitas, dan rute dari titik pengguna hingga menuju tujuannya. Kemampuan aplikasi ini sudah menjangkau beberapa kafe yang sering dikunjungi pengguna. Hasil pengujian fungsionalitas tombol juga sudah sesuai harapan. Aplikasi ini sudah layak untuk dikembangkan mengingat jangkauan penggunaannya secara luas bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.
 
Kata kunci—pencarian cafe, fuzzy, model Tahani, sistem informasi geografis, logika AND.

Article Details

How to Cite
INTAN, Indo; FATMASARI, Fatmasari; WAHYUNI, Sri. APLIKASI PENCARIAN KAFE MENGGUNAKAN METODE FUZZY BERDASARKAN KRITERIA PILIHAN PENGGUNA BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA MOBILE ANDROID. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1043-1054, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/484>. Date accessed: 13 july 2020.
Section
Articles