IMPLEMENTASI ALGORITMA DECITION TREE DALAM ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KUALITAS DARI MAHASISWA INFORMATIKA

Main Article Content

Abdul Ibrahim Amaliah Faradibah A Ulfah Tenripada

Abstract

Seiring dengan meningkatnya jumlah pelajar, Jumlah kuota justru mulai terbatas sehingga menyebabkan banyaknya pelajar tidak dapat memilih jurusan yang kurang peminatnya, bahkan memilih jurusan yang tidak diketahui sebelumnya. Mahasiswa yang tidak menjalani perkuliahan dengan ikhlas dan tekun sering dilanda strees. kondisi yang dapat membuat malas dan perasaan yang menyatakan bahwa “salah jurusan” merupakan asal dari pikiran, lingkungan dan pola hidupnya terbentuk menjadi sebuah kepribadian masing-masing. Dengan menggunakan tes psikotes atau kepribadian (DISC dan MBTI) dapat mendeteksi kepribadian seseorang. Hasil penilaian kepribadian seseorang ditemukan untuk tes DISC dengan rata-rata presentase (D=2%, I=36%, S=34%, & C=28%) sedangkan tes MBTI (Introvert = 54%, Ekstrovert = 46%, Sensing = 36%, Intuition = 64, Thinking = 40%, Feeling = 60%, Judging = 78%, Perceiving = 22%. kemudian di hubungkan dengan IPK, untuk dibentuk sebuah pohon keputusan dalam menentukan kecocokan jurusan terdapat 6% dengan nilai IPK kurang dari 3.00 dengan Kepribadian Ekstrovert, Sensing, Feeling, Perceiving dan D=37.5%, I=42.5%, S=10%, & C=10%.
 
Kata kunci—Algoritma Decition Tree, Tes Kepribadian DISC & MBTI, IPK

Article Details

How to Cite
IBRAHIM, Abdul; FARADIBAH, Amaliah; TENRIPADA, A Ulfah. IMPLEMENTASI ALGORITMA DECITION TREE DALAM ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DENGAN KUALITAS DARI MAHASISWA INFORMATIKA. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 1019-1025, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/480>. Date accessed: 17 feb. 2020.
Section
Articles