APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN OLAHRAGA AEROMODELLING

Main Article Content

I Putu Caesar Andika Putra Muhammad Rusli I Ketut Putu Suniantara

Abstract

Aeromodelling merupakan suatu kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Olahraga ini dapat dilakukan oleh orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Di Indonesia olahraga aeromodelling kini semakin berkembang, terlihat dari banyaknya pertandingan yang diadakan. Software yang digunakan pada pembuatan aplikasi multimedia interaktif ini adalah Adobe Flash. Adobe Flash merupakan software yang dapat digunakan untuk membuat animasi disertai gambar, video, teks dan suara. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyelesaian aplikasi ini adalah mendefinisikan tujuan pembelajaran, mereview opsi yang sudah ada, menentukan format anggaran dan timeline, menentukan konten, menetapkan strategi, mengembangkan prototype, melakukan evaluasi formatif dan menyelesaikan desain. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi yang terdapat informasi mengenai olahraga aeromodelling dan evaluasi untuk melatih pemahaman pengguna. Dalam pengujian evaluasi formatif dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan untuk pengujian sistem Assesmen Multimedia Pembelajaran dan Instrumen Assesmen Kualitas secara umum aplikasi ini mendapatkan nilai rata-rata 3.64 dengan kategori baik. 
 
Kata kunci—Aplikasi Multimedia Interaktif, Aeromodelling, Adobe Flash.
 

Article Details

How to Cite
PUTRA, I Putu Caesar Andika; RUSLI, Muhammad; SUNIANTARA, I Ketut Putu. APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN OLAHRAGA AEROMODELLING. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 957-964, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/464>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles