STUDI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA: MEMBANGUN E-GOVERNMENT YANG BERORIENTASI PADA KUALITAS LAYANAN

Main Article Content

Ilima Fitri Azmi Asmarianti Asmarianti

Abstract

Pemerintah saat ini telah banyak merumuskan dan membuat kebijakan terkait pelaksanaan E-Government yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Kebijakan yang ada belum membahas secara detail terkait bagaimana melaksanakan pelayanan publik secara efektif dan efisien melalui penerapan E-Government. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek kualitas pelayanan yang perlu dimasukkan dalam rumusan kebijakan E-government yang dibuat oleh pemerintah sehingga terwujud kualitas pelayanan publik yang memuaskan bagi masyarakat.  Metode penelitian yang digunanakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat indikator kualitas pelayanan publik berbasis E-government yaitu (1) efisiensi, (2) kepercayaan, (3) reliabilitas, (4) dukungan kepada masyarakat yang perlu diakomodir dalam kebijakan e government. Kesimpulan dari penelitian ini adalah harus ada kesesuaian antara tujuan dan pelaksanaan E-government, dan sebagai tambahan perlunya jaminan keamanan data dan privasi pengguna layanan dalam mengakses E-government. Implikasi bagi pemerintah adalah merumuskan kebijakan E-government yang telah memenuhi indikator-indikator kualitas pelayanan publik, penyediaan panduan pengembangan E-Government. serta pemerintah harus menyediakan koneksi internet yang cepat sehingga memudahkan dalam implementasi E-Government.
 
Kata kunci : E-Government, kualitas pelayanan, kebijakan publik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles