PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL(LAPAN) MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD

Main Article Content

Michael Setyawan Melkior Nikolar Ngalumsine Sitokdana

Abstract

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional(LAPAN) merupakan Lembaga  pemerintah non Kementerian Indonesia yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya.LAPAN merupakan salah satu Lembaga Pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas sesuai dengan bidang dan tugasnya. Dalam mewujudkan visi dan misi pada organisasi atau perusahaan tersebut menjadi lebih efisien, salah satu hal yang bisa dimanfaatkan untuk efisiensi yakni SI/TI.Penelitian ini untuk membangun suatu perencanaan strategis sistem informasi beserta portofolio aplikasi di LAPAN yang dapat memberikan kontribusi optimal secara baik. Dalam kerangka kerja ini menggunakan metode Ward and Peppard. Analisis lingkungan internal maupun eksternal bisnis menggunakan metode seperti, Analysis, PEST, Analysis SWOT dan Value Chain Analysis dan McFarlan Strategic Grid. McFarlan Strategic Grid digunakan untuk memetakan portofolio aplikasi. Dengan  penelitian ini untuk menghasilkan rekomendasi beberapa aplikasi untuk dikembangkan diantaranya Website dan database center, Forecasting space weather, Sistem informasi Pelayanan Masyarakat, Sistem informasi keamanan data, Sistem informasi pengarsipan data dan aset, Pengembangan pada web server dan sistem transfer data (backup).
Kata kunci— Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Ward and Peppard, Sistem Informasi

Article Details

How to Cite
SETYAWAN, Michael; SITOKDANA, Melkior Nikolar Ngalumsine. PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL(LAPAN) MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 833-843, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/447>. Date accessed: 07 aug. 2020.
Section
Articles