MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL SULAWESI SELATAN BERBASIS GAME ANDROID

Main Article Content

Dzul Fahmi M. Arry Abdul Mukhlis

Abstract

Musik tradisional dari  suku bangsa yang bermukim di Provinsi Sulawesi Selatan  pada dasarnya adalah warisan budaya daerah yang tidak dapat dipisahkan dengan kebudayaan Indonesia pada umumnya. Namun perlahan kesadaran akan pelestarian kebudayaan nasional khususnya alat musik tradisional Sulawesi Selatan mengalami pergeseran seiring dengan semakin praktisnya alat musik modern untuk ditemukan dan dimainkan seperti melalui smartphone, kurangnya pengenalan dan sosialisasi tentang budaya ke masyarakat juga menjadi salah satu faktor kurangnya minat masyarakat terhadap alat musik tradisional itu sendiri. Di tengah pesatnya kemajuan teknologi ditambah dengan minat yang kurang tersebut hendaknya kita sebagai masyarakat Indonesia harus berinisiatif untuk mulai melestarikan kebudayaan sendiri dengan memanfaatkan teknologi seperti smartphone. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah game edukasi “Pengenalan Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan Berbasis Game Android” akan memberikan informasi kepada pengguna mengenai apa saja alat musik tradisional Sulawesi Selatan. Game edukasi diharapkan dapat membantu dalam pengenalan budaya alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang ada dan dapat dijadikan sebagai untuk memberikan wawasan kepada anakanak. Dari hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi baik. Dan dapat memberikan pengguna smartphone android game yang edukatif.
 
Kata kunci— Game Edukasi, Alat Musik Tradisional, Android Smartphone, Unity3D

Article Details

How to Cite
M., Dzul Fahmi; MUKHLIS, Arry Abdul. MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL ALAT MUSIK TRADISIONAL SULAWESI SELATAN BERBASIS GAME ANDROID. SENSITIf : Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], p. 751-760, dec. 2019. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sensitif/article/view/399>. Date accessed: 12 aug. 2020.
Section
Articles