ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN SPA DENGAN SERVQUAL (STUDI KASUS : PT. ROYAL AMADEUS)

Main Article Content

Ira Susi Susanti Situmorang Fina Nasari

Abstract

Kualitas layanan menjadi hal yang sangat penting terutama bagi perusahaan yang bergerak dibidang Jasa. Pelayanan yang baik akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. PT. Royal Amadeus sangat mengutamkan kepuasan pelanggan untuk mendongkrak kemajuan usahanya. Namun masalah yang terjadi adalah PT. Royal Amadeus kurang mengetahui puas atau tidak puas pelayanan terhadap konsumen, karena keluhan tidak disampaikan langsung oleh konsumen kepada pihak PT. Royal Amadeus. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL) bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan SPA di PT. Royal Amadeus. Penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan SPA,penelitian ini  dilakukan  dengan studi analisis  dengan membagikan kuisioner kepada beberapa konsumen pada bulan Desember 2018, kemudian hasil kuisioner akan dihitung mengunakan metode SERVQUAL untuk mendapatkan persentase puas atau tidak puasnya pelayanan terhadap SPA tersebut, sehingga PT.Royal Amadeus mengetahui bahwa hanya 9 orang yang merasa puas dari 61 orang konsumen  berdasarkan data hasil kuisioner  pada bulan  Desember 2018 sehingga  upaya peningkatan  kualitas pelayanan masih sangat perlu ditingkatkan.
Kata Kunci—Kepuasan Konsumen, Service Quality(SERVQUAL), SPA

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles