FALLING BIRD: VIDEO GAME BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN ACCELEROMETER UNTUK ANDROID
Main Article Content
Abstract
Pada zaman modern saat ini sering kali didapati masalah dalam hal menjaga kesehatan, seperti kurangnya aktivitas fisik atau bisa dikatakan malas bergerak. Seiring berjalannya waktu teknologi berkembang sangat pesat, salah satunya yaitu virtual reality. Virtual reality adalah teknologi yang dapat memungkinkan para pengguna bisa berinteraksi langsung dengan dunia virtual. Dalam virtual reality terdapat berbagai bidang, salah satunya pada bidang video game. Video game adalah media hiburan menarik yang mempunyai tujuan untuk pendidikan, simulasi hingga sebagai hiburan yang dapat menekan tingkat stres para pengguna smartphone yang seharian bekerja dengan smartphone mereka. Berdasarkan masalah di atas peneliti ingin mengembangkan sebuah permainan Falling Bird yang menggunakan teknologi virtual reality dimana pengguna dapat berolahraga sambil bermain secara bersamaan sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan malas bergerak. Pada permainan ini pemain bertujuan untuk memusnahkan musuh yang berada di depan pemain dengan cara melompat dan menabrak musuh atau menabrak objek yang menjadi tumpuan musuh tersebut. Jika semua musuh telah dimusnahkan, maka permainan akan menampilkan score dan pemain dapat melanjutkan ke stage berikutnya tetapi jika pemain telah mengabiskan kesempatan untuk melompat yaitu sebanyak 3 (tiga) dan jika masih ada musuh yang hidup maka permainan akan menampilkan score dan pemain tidak bisa melanjutkan ke stage selanjutnya. Pada permainan yang dirancang, terdapat tampilan animasi 3D, gambar, teks dan musik yang dirancang menggunakan aplikasi Unity dan aplikasi Visual Studio untuk mengolah script untuk membuat algoritma dari permainan Falling Bird. Kemudian tahap pada terakhir yaitu render berfungsi sebagai proses pemodelan dan animasi. Permainan ini menggunakan sensor gyroscope, dan accelerometer melalui smarthphone khususnya pada sistem operasi Android serta dijalankan menggunakan VR Glasses dengan dikendaikan melalui gerakan tubuh.
Kata Kunci – Video Game, Virtual Reality, Accelerometer, Gyroscopre, Unity 3D
Kata Kunci – Video Game, Virtual Reality, Accelerometer, Gyroscopre, Unity 3D
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
Issue
Section
Articles