APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT UNTUK PELAPORAN KEJADIAN DAN BENCANA DI BASARNAS BANGKA BELITUNG
Main Article Content
Abstract
Semakin berkembangnya teknologi informasi, setiap instansi seperti basarnas berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Layanan pelapor kejadian dan bencana masyarakat adalah salah satu bentuk partisipasi untuk ikut berperan dalam membangun dan pengawasan terhadap kinerja instansi basarnas. Dalam hal ini penulis mengambil studi kasus Basarnas Bangka Belitung dimana masyarakat di Bangka Belitung sulit untuk menyampaikan pelaporan yang ada di Bangka Belitung kepada pihak Basrnas. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian tentang penyampaian aspirasi atas permasalahan dan pelaporan bencana yang terjadi di Bangka Belitung yang tidak tersalurkan. Dengan demikian dibutuhkan sebuah rancangan aplikasi layanan pelaporan dan informasi untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikannya. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi sistem penlaporan ini adalah model waterfall dan di jalankan di sistem operasi android. Diharapkan dengan dibuatnya aplikasi plaporan kejadian dan bencana di Basarnas Bangka Belitung dapat membantu masyarakat dalam melaporkan kejadian dan Bencana di Bangka Belitung agar lebih mudah dan efektif dalam bentuk aplikasi Mobile Android.