Penerapan Collision Detection Pada Game Platformer “Culture Seeker”

Main Article Content

Mahdi Muiz Adziem Arrahman David David

Abstract

Game Platformer Adventure adalah game yang sangat menarik untuk dikembangkan, ada kelebihan tersendiri dari sebuah game platformer dibandingkan dengan game bergenre lainnya, salah satu kelebihannya yaitu game platformer memvisualisasi dari kehidupan manusia. Selain itu, game Platformer juga berisi dengan berbagai macam tantangan dan cerita yang kompleks tergantung seberapa jauh seeorang Developer ingin mengembangkannya. Game platform sendiri merupakan game yang bercirikan melompat-lompat antar platform atau rintangan lainnya, dengan mekanika dan puzzle yang beragam, namun karena permintaan resource game yang besar, maka game platform asli Indonesia yang beredar di pasar aplikasi Android tidak banyak. Pasar aplikasi game Android Indonesia didominasi oleh game kasual. Tujuan dari penelitian ini adalah agar game dapat dijadikan sebuah media pembelajaran edukatif yang dapat menghibur dan juga menarik. Metode yang digunakan dalam pembuatan game adventure Culture Seeker adalah MDLC. Metode penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, inisiasi, pra-produksi, produksi, testing, beta dan rilis. Hasil yang dicapai adalah sebuah media berupa game platformer yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran interaktif yang dapat mengubah cara belajar konvensional menjadi lebih asik dan menarik, sehingga dapat mengembangkan kreativitas, karena game platformer ini juga memiliki unsur edukasi, ketepatan, daya nalar dan tantangan. Pengujian User Aceptance Test dilakukan agar game dapat diterima atau setidaknya dapat digunakan oleh pengguna dan pemain game.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles