Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Beasiswa STMIK YMI Tegal Menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making

Main Article Content

Sri Anjarwati Nursekha Nursekha

Abstract

Proses seleksi beasiswa pada STMIK YMI Tegal dilakukan oleh pihak Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan (Puket III) dan dibantu asisten Puket III. Dimana metode yg di gunakan adalah SPK menggunakan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW). Konsep dasar metode SAW dengan mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Dengan perhitungan metode SAW dapat diperoleh mahasiswa-mahasiswa yang layak mendapatkan beasiswa sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Untuk menyelesaikan masalah Fuzzy Multiple Attribute Decision Making dalam memutuskan calon penerima beasiswa dapat menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan kriteria Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), semester, jumlah penghasilan orang tua, prestasi dan jumlah tanggungan orang tua

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi, 2007.
[2] Maulana RM. 2012. Penilaian Kinerja karyawan di Ifun Jaya Textile dengan Metode Fuzzy Simple Additive Weighted. Jurnal Ilmiah ICTech. 10(1): 1-12.
[3] Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan Edisi 2. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2010.
[4] Stephen L. Chiu, "Fuzzy Model Identification based on Cluster Estimation," Journal of Intelligent and Fuzzy System, vol. 2, no. Journal of Intelligent and Fuzzy System, pp. 267-278, 1994.
[5] Kusumadewi, Sri dkk. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006
[6] Ariani A, Abdillah LA, Syakti F. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan TKI ke Luar Negeri Menggunakan FMADM.Jurnal Sistem Informasi. 4(5): 336-343.
[7] Sugono, Dendy dkk. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
[8] Sutojo, T., Edy Mulyanto., Vincent Suhartono. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta : Andi, 2011.