INOVASI & PENGEMBANGAN E-COMMERCE - CRM DALAM MENGHADAPI GLOBASASI: STUDI KASUS - TOKOPEDIA.COM

Main Article Content

Indra Gamayanto

Abstract

Perkembangan e-commerce melaju dengan sangat pesat dan mengalami banyak perubahan inovasi yang signifikan. Perkembangan ini mengubah keseluruhan pola hidup manusia, mulai dari pola pikir, karakter, sikap dan pola konsumtif sehari-hari yang dimilikinya. Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang terus mengembangkan business online menjadi sebuah entitas pelayanan yang luar biasa kepada konsumennya. Lebih jauh lagi, tokopedia memiliki banyak penawaran yang menarik serta harga yang kompetitif sehingga memenuhi kebutuhan konsumen dengan sangat baik. Dalam jurnal ini, dengan menggunakan metode The 7S McKinsey dan menganalisis dengan menghubungkan antara IT-IS-Business strategy, maka akan diperoleh inovasi apa yang seharusnya dilakukan oleh tokopedia agar dapat lebih mengembangkan sayap bisnis e-commerce yang telah dimilikinya, pelayanan CRM seperti apa yang seharusnya dilakukan oleh tokopedia sehingga loyalitas pelanggan menjadi semakin erat dari sebelumnya, bagaimana keuntungan akan mengalir kepada perusahaan dan sumber daya manusia seperti apa yang seharusnya dimiliki oleh tokopedia. Itu semua adalah merupakan sebuah tantangan besar di era globalisasi saat ini, karena persaingan antara perusahaan e-commerce saat ini sangat ketat

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] J. Peppard, R. D. Galliers, and A. Thorogood, “Journal of Strategic Information Systems Information systems strategy as practice : Micro strategy and strategizing for IS,” J. Strateg. Inf. Syst., pp. 1–10, 2014.
[2] A. Dhiranty, B. Suharjo, and G. Suprayitno, “An Analysis on Customer Satisfaction, Trust, and Loyalty Toward Online Shop (A Case Study of Tokopedia.com),” Indones. J. Bus. Entrep., vol. 3, no. 2, pp. 101–110, 2017.
[3] F. C. Lunenburg, “Organizational Structure : Mintzberg ’ s Framework,” Int. J. Sch., vol. 14, no. 1, pp. 1–8, 2012.
[4] D. A. Mcfarlane, “The Strategic Importance of Customer Value,” Atl. Mark. J., vol. 2, no. 1, pp. 62–75, 2013.
[5] T. Pencarelli and L. Gabbianelli, “Intercultural Aspect of Customer Management,” in 17th Toulon-Verona International Conference Excellence in Services, 2014, pp. 273–290.
[6] I. Gamayanto, “Porter S Five Forces Model Scott Morton S Five Forces Model Bakos Treacy Model Analyzes Strategic Information Systems Management,” J. Inform., vol. 5, no. 2, p. pp.127-134, 2004.
[7] A. F. Tavana, B. Bakiyan, H. Farjam, M. Karami, and S. Ostovari, “Electronic Customer Relationship Management and Its Implementation in Business Organizations,” Interdiscip. J. Contemp. Res. Bus., vol. 4, no. 2003, pp. 686–693, 2013.
[8] McKinsey Quarterly (2008), Enduring Ideas: The 7-S Framework, McKinsey & Company
[9] Fisk,P (2006), Marketing Genius, Capstone
[10] Fisk,P (2008), Business Genius: A More Inspired Approach to Business Growth, Capstone; 1 edition