SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN KREDIT MODAL USAHA PADA PT.BANK BPR PMM

Main Article Content

Patmawati Hasan

Abstract

Kredit merupakan salah satu bentuk jasa yang ada dalam perbankan, yaitu menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman kepada masyarakat dengan menggunakan jaminan. Dalam pemberian suatu kredit atau pinjaman, Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengambil keputusan penerimaan kredit modal usaha untuk diberikan pinjaman. Terdapat 3 faktor dasar yaitu Nilai jaminan, Kemampuan debitur, dan kredibilitas. Faktor-faktor ini digunakan analisis kredit di BPR Papua Mandiri Makmur Jayapura dalam pemberian kredit dan menjadi kriteria dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Kredit. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan suatu sistem yang menghasilkan suatu alternatif keputusan yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu dalam mengambil sebuah keputusan. Sistem Pendukung Keputusan disini dipergunakan untuk membantu pihak pengambil keputusan dalam memberikan alternatif-alternatif dalam hal diterima atau tidaknya pengajuan kredit oleh pemohon kredit. Metode yang digunakan dalam proyek Sistem Pendukung penerimaan kredit modal usaha adalah Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah nasabah yang layak menerima kredit berdasarkan kriteria yang ditentukan. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan dalam Penerimaan Kredit Modal Usaha Pada PT.BANK BPR PMM yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan agar dalam pemberian kredit pada nasabah lebih mudah dan tepat sehingga dapat mengurangi tingkat kredit macet

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi,
Yogyakarta
[2] Febrina Sari, 2017, Metode Dalam Pengambilan keputusan, Yogyakarta, Penerbit Deepublish.
[3] Wiwit Supriyanti, 2013, Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa dengan Metode SAW, Citec Journal, Vol. 1, No. 1, November 2013–Januari 2014.
[4] Nandang Hermanto, 2012, Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Untuk Menentukan Jurusan Pada SMK Bakti Purwokerto, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), ISBN 979 - 26 - 0255 -0.
[5] Kendall, Kennet E., dan Kendall, Jullie E., 2010. Analisis dan Perancangan Sistem Edisi ke-5 (Versi Bahasa Indonesia). Indeks, Jakarta.
[6] Deni, Widayanti, Sudana, Oka, dan Sasmita, Arya, 2013, Analysis and Implementation Fuzzy Multi-Attribute Decision Making SAW Method for Selection of High Achieving Students in Faculty Level. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, No 2, Vol. 10, Issue 1.
[7] Kusumadewi., Sri, Hartati., Sri, Harjoko., Agus, dan Wardoyo., Retantyo, 2006. Fuzzy Multi Attributte Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.
[8] Kristanto, Andri. 2008,Perancangan Sistem dan Aplikasinya. Gava Media, Yogyakarta.
[9] Fatansyah, 2012. Basis Data. Informatika, Bandung