Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Kerangka Manusia Berbasis Android

Main Article Content

Alders Paliling Asrul Syam

Abstract

Salah satu materi yang diajarkan dalam matapelajaran IPA yaitu tentang kerangka manusia. Dalam proses pembelajaran kerangka manusia, guru menggunakan alat peraga berupa model kerangka manusia. Dengan perkembangan teknologi, penggunaan model kerangka manusia dapat digantikan dengan model digital. Model kerangka manusia dapat rusak baik dengan sengaja maupun dengan tidak sengaja dikarenakan termakan usia. Metode yang tepat untuk mengganti model kerangka manusia kedalam bentuk digital ialah dnegan menggunakan teknologi Augmented Reality, dimana teknologi Augmented Reality mampu memproyeksikan objek 3 dimensi kedalam dunia nyata seara langsung. penggunaan teknologi augmented reality kian marak digunakan dalam dunia pendidikan, kesehatan, penjualan, dan wisata. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah aplikasi dapat memproyeksikan objek 3 dimensi dari kerangka manusia yang dibagi menjadi 4 bagian yaitu tengkorak, tulang belakang dan tulang rusuk, tulang alat gerak atas dan tulang alat gerak bawah keatas marker. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa jarak yang baik dalam mengidentifikasi marker antara smartphone dengan marker adalah pada jarak antara 2-6 inchi dan kemiringan marker terhadap smartphone adalah 00-600.

Article Details

How to Cite
PALILING, Alders; SYAM, Asrul. Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Kerangka Manusia Berbasis Android. E-JURNAL JUSITI : Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 65-76, apr. 2020. ISSN 2354-6972. Available at: <https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/jusiti/article/view/644>. Date accessed: 25 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.36774/jusiti.v9i1.644.
Section
Articles