Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Agribisnis Menggunakan Metode Certainty Factor

Main Article Content

Komang Aryasa

Abstract

Kurangnya tenaga ahli penyuluh pertanian dalam memberikan informasi tentang perkembangan penyakit tanaman kepada pembudidaya dapat membawa dampak bagi pembudidaya tanaman agribisnis dimana penyuluh pertanian berperan dalam memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan tentang masalah tanaman agribisnis yang dihadapi oleh para pembudidaya tanaman agribisni.. Dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah membawa dampak yang signifikan dalam berbagai bidang termasuk pada bidang pertanian/perkebunan. Oleh karena itu perkembangan teknologi juga dimanfaatkan oleh para pembudidaya tanaman agribisnis untuk mendapatkan informasi sedini mungkin mengenai jenis penyakit yang diderita oleh tanaman yang dibudidayakan dan bagaimana cara menanganinya. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem pakar dalam mendiagnosa penyakit tanaman agribisnis menggunakan metode Certainty Factor. Certainty Factor digunakan karena metode ini dapat membantu untuk mengatasi ketidakpastian dalam pengambilan keputusan serta memberikan persentase hasil diagnosa. Certainty Factor dapat terjadi dengan berbagai kondisi, dimana untuk penelitian ini memiliki beberapa kondisi atau gejala penyakit yang menentukan apakah benar suatu tanaman agribisnis terserang penyakit atau tidak. Dari hasil pengujian program sistem pakar, didapatkan hasil yang sama dengan perhitungan secara manual dengan metode Certainty Factor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pakar ini dapat mendiagnosa penyakit tanaman agribisnis serta memberikan solusinya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Kusrini, 2008, “Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan”, Andi Offset, Yogyakarta.
[2] Muhammad Arhami , 2005, “Konsep Dasar Sistem Pakar”, Andi Offset, Yogyakarta.
[3] Nanan Nurdjannah, 2004, “Diversifikasi Penggunaan Cengkeh”, Perspektif Review Tanaman Industri (online), Vol.3, No.2, (http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/psp/article/view/5584, diakses 28 Desember 2017)
[4] Roger. S. Pressman, 2009, “Rekayasa Perangkat Lunak”, Andi Offset, Yogyakarta
[6] Sri Kusumadewi, 2003, “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya)”, Graha Ilmu, Yogyakarta.