ANALISIS TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT MAKASSAR DALAM UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN TATA KELOLA SMART CITY

Main Article Content

N. Tri Suswanto Saptadi Ferdinandus Sampe Phie Chyan

Abstract

Pada Era digital seperti sekarang ini telah terjadi perubahan paradigma pemerintah kota Makassar terhadap keberadaan layanan teknologi informasi. Masyarakat dapat memperoleh layanan yang cepat, tepat dan akurat untuk kebutuhan informasi yang lebih baik dan berkualitas. Tren pada tata kelola smart city (kota cerdas) juga akan meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemerintahan dalam memanfaatkan data aplikasi, memberikan saran maupun kritikan secara cepat, mudah dan akurat untuk menuju pada kota yang bersih lingkungan. Konsep smart city juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemerintahan dalam memanfaatkan data aplikasi, dan memberikan masukan maupun kritikan secara mudah. Untuk dapat memperoleh informasi yang memadai terhadap persepsi masyarakat akan konsep tata kelola smart city, penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data menggunakan sebuah aplikasi google form. Analisis terhadap layanan diperlukan untuk mengetahui peran pemerintah kota (pemkot) dalam melakukan inovasi untuk menangani masalah kebersihan dengan mencoba merekonstruksi pemikiran atau persepsi masyarakat yang cinta dan peduli terhadap kebersihan. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai apa sebenarnya harapan masyarakat terhadap keberadaan slogan Gemar MTR. Hasil Penelitian diketahui bahwa sebanyak 101 (84%) dari 120 responden telah menunjukkan bahwa sebagian besar responden menginginkan penerapan konsep smart environment dalam membangun tata kelola smart city yang dapat menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Direktur Perkotaan dan Perdesaan. Kementerian PPN/ Bappenas. Konferensi e-Indonesia Initiative (eII) dan Smart Indonesia Initiatives (SII) Forum ke-1. 15 Oktober 2015. Bandung.
[2] Chandra. 2016. Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota. Jurnal Strategi dan Bisnis Vol. 4, No. 2.
[3] Utomo, CEW., Hariadi, M. 2016. Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya bagi Masyarakat Kota. Jurnal Strategi dan Bisnis Volume 4 Nomor 2, Oktober 2016. Surabaya.
[4] Widyaningsih. 2013. Kajian Pemakai Website Jakarta Smart City Terhadap Kepercayaan Masyarakat Pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jakarta.
[5] Cohen, Boyd. 2011. Basic Smart City Indicators: Smart city Wheel.
[6] Permen PU No. 21/PRT/M/2006.
[7] Kominfo Makassar. 2017. Analisis Strategi Smart City Kota Makassar. Pemerintah Kota Makassar.
[8] Djaali. 2008. Skala Likert. Yogyakarta: Andi Offset.
[9] Jogiyanto. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.
[10] Google Form. 2018. https://docs.google.com/forms Diakses tanggal 15 Januari 2018.