Pengembangan Multimedia Website Untuk Pembelajaran Materi Kimia (Studi Kasus: SMA Negeri 11 Palembang)

Main Article Content

Muhammad Ridho Ardiansyah

Abstract

Penerapan website dalam dunia pendidikan saat ini telah digunakan dan diimplementasikan pada SMA Negeri 11 Palembang, akan tapi pada penerapannya website digunakan hanya pada bidang administrasi berupa company profile atau web informasi sekolah saja, sedangkan dalam kegiatan belajar mengajarnya belum menerapkan sistem pembelajaran berbasis website. Penggunaan sistem pembelajaran website digunakan untuk menarik perhatian dan  mempermudah peserta didik untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan. Materi pembelajaran kimia merupakan salah satu materi yang cukup sulit untuk dipahami oleh siswa yang dimana pendidik menerapkan metode dan cara mengajar yang masih  konvensional yang mengakibatkan peserta didik kurang memahami materi secara cepat dan merasa jenuh. Dengan menggunakan multimedia website peserta didik dan pendidik akan dapat meningkatkan  kualitas belajar dan mengajar menjadi lebih baik. Penelitian ini membahas bagaimana mengembangkan dan menggunakan sebuah multimedia website untuk pembelajaran khususnya mata pelajaran kimia. Pendekatan atau metode pengembangan yang digunakan adalah menggunakan Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations (ADDIE). Dengan penelitian ini, akan menghasilkan sebuah media pembelajaran baru dengan menggunakan multimedia website dalam proses kegiatan belajar mengajar dan dapat digunakan secara aktif oleh pendidik dan peserta didik di SMA Negeri 11 Palembang. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Arkun, S., & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the development process of a multimedia learning environment according to the ADDIE model and students’ opinions of the multimedia learning environment. Interactive Educational Multimedia, Number 17 , 1-19.
[2] Elcom, 2013. Seri Belajar Kilat Adobe Dreamweaver CS6. Yogyakarta : Penerbit Andi.
[3] Jubilee Enterprise, 2007. Dreamweaver CS3. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
[4] Parekh, R, 2006. Multimedia Application Development. In R. Parekh, Principles of Multimedia (pp.654-655). Tata McGraw-Hill Education.
[5] Peterson, C. 2003. Bringing ADDIE to Life : Instructional Design at Its Best. Journal of Education Multimedia and Hypermedia , 227-241.
[6] Ramadhan, Arief, 2006. Pemrograman Web: Menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[7] Sukenda, Falahah, & Fubian Lathanio. 2013. Pengembangan aplikasi multimedia pengenalan pemanasan global dan solusinya menggunakan pendekatan addie. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2 - 4 Desember 2013. Universitas Widyatama Bandung.
[8] yanto,M, 2006, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Yogyakarta : Penerbit Andi
[9] Van den Akker J. (1999). Principles and Methods of Development Research. pada J. van den Akker, R.Branch, K. Gustafson, Nieven, dan T. Plomp (eds), Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1-14). Kluwer Academic Publishers, Dortrech.